relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6243/ title: BENTUK KERJASAMA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA DALAM PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO creator: Alif Kurnia Ramadlan, NIM.: 07410010 subject: Pendidikan Agama Islam subject: Akhlak - Etika subject: Pendidikan Karakter description: ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa anak didik yang melakukan tindakan kriminal, seperti pelecehan seksual, pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain-lain perlu mendapatkan perhatian khusus dalam pembinaan yang diselenggarakan pihak Lapas Anak dengan kerjasama dari Kementerian Agama. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis tentang proses pelaksanaan pembinaan akhlak bagi anak didik dengan melalui kerjasama antara pihak Lapas Anak dengan Kementerian Agama. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan pembinaan akhlak bagi anak didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Memeriksa keabsahan data dilakukan dengan cara melakukan trianggulasi dengan mengambil dua sumber data dan kemudian dibandingkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Faktor yang melatarbelakangi adanya kerjasama antara kedua belah pihak ada dua macam yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal meliputi Lapas Anak membutuhkan bantuan Kementerian Agama dalam mendidik dan membimbing proses pelaksanaan pembinaan akhlak anak didik, lemahnya perhatian pembina Lapas Anak dalam membina dan mendidik anak didik menuju kearah yang lebih baik dan rendahnya motivasi untuk mengikuti pembinaan keagamaan. Sedangkan faktor eksternal, yaitu lingkungan yang mendukung untuk sadar menuju kearah yang lebih baik dan untuk tenaga penyuluhan serta bimbingan yang sesuai dengan keahliannya. (2) Pelaksanaan pembinaan akhlak bagi anak didik melingkupi pada empat aspek yaitu akhlak terhadap Allah swt (shalat dzuhur secara berjamaah, shalat jumat, dan peringatan hari besar Islam), akhlak terhadap Rasulullah saw (peringatan Isra' Mi'raj dan Maulid Nabi), akhlak pribadi (pembinaan agama Islam dan pembinaan baca tulis Al-Quran), akhlak terhadap orang tua (pembinaan agama Islam). (3) Dalam proses pembinaan akhlak ada beberapa faktor yang mendukung, antara lain: kerjasama yang mendukung dari Kementerian Agama dalam membantu meringankan beban para personil Lapas Anak, besarnya perhatian dan dukungan dari Lapas Anak Kutoarjo dalam setiap kegiatan, peran aktif dari para pembina Kementerian Agama dan pembina Lapas Anak dalam pelaksanaan pembinaan akhlak, adanya sarana dan prasarana yang cukup memadai, dan adanya kesadaran anak didik dalam pelaksanaan pembinaan akhlak. Sementara faktor yang sedikit menghambat yaitu adanya pembina anak didik yang sering terlambat, dan latar belakang pendidikan anak didik yang tidak sama. div date: 2011-07-21 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6243/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6243/2/BAB%20II%2CIII.pdf identifier: Alif Kurnia Ramadlan, NIM.: 07410010 (2011) BENTUK KERJASAMA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA DALAM PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.