@phdthesis{digilib62441, month = {December}, title = {PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL DRILLING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2010/2011}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 06680003 Haniatussarifah}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Yuni Wibowo, M.Pd.}, keywords = {Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Active Learning, Metode Snowball Drilling}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62441/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode snowball drilling pada pembelajaran biologi pokok bahasan virus terhadap ketuntasan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok . Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment atau eksperimen semu dengan desain non-randomized control group pretest posttest design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran dengan metode snowball drilling dan variabel terikat berupa ketuntasan belajar (mastery learning). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terbagi menjadi 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random, dengan kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah soal tes (pretest-posttest) dan lembar angket tanggapan siswa. Analisis hasil belajar siswa menggunakan uji t berpasangan dan ketuntasan belajar menggunakan analisis persentase ketuntasan belajar, yaitu setelah 85\% populasi kelas mencapai KKM 67\%. Data tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Analisis hasil belajar siswa setelah dilakukan pengujian statistik dengan uji t berpasangan menghasilkan p = 0,000 lebih kecil dari 0,01 (p{\ensuremath{<}}0,01). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sementara itu, analisis ketuntasan belajar pada kelas kontrol diperoleh persentase ketuntasan populasi kelas mencapai 82,35\% dan pada kelas eksperimen diperoleh persentase ketuntasan populasi kelas mencapai 88,23\%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ketuntasan belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode snowball drilling berpengaruh positif terhadap ketuntasan belajar. Tanggapan siswa 62,09\% memiliki ketertarikan tinggi terhadap metode snowball drilling. Dengan demikian, metode snowball drilling dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran terhadap ketuntasan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok pada pembelajaran biologi pokok bahasan virus.} }