TY - THES N1 - Pembimbing: Yuni Wibowo, M.Pd. ID - digilib62441 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62441/ A1 - Haniatussarifah, NIM.: 06680003 Y1 - 2010/12/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode snowball drilling pada pembelajaran biologi pokok bahasan virus terhadap ketuntasan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok . Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment atau eksperimen semu dengan desain non-randomized control group pretest posttest design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran dengan metode snowball drilling dan variabel terikat berupa ketuntasan belajar (mastery learning). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terbagi menjadi 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random, dengan kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah soal tes (pretest-posttest) dan lembar angket tanggapan siswa. Analisis hasil belajar siswa menggunakan uji t berpasangan dan ketuntasan belajar menggunakan analisis persentase ketuntasan belajar, yaitu setelah 85% populasi kelas mencapai KKM 67%. Data tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Analisis hasil belajar siswa setelah dilakukan pengujian statistik dengan uji t berpasangan menghasilkan p = 0,000 lebih kecil dari 0,01 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sementara itu, analisis ketuntasan belajar pada kelas kontrol diperoleh persentase ketuntasan populasi kelas mencapai 82,35% dan pada kelas eksperimen diperoleh persentase ketuntasan populasi kelas mencapai 88,23%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ketuntasan belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode snowball drilling berpengaruh positif terhadap ketuntasan belajar. Tanggapan siswa 62,09% memiliki ketertarikan tinggi terhadap metode snowball drilling. Dengan demikian, metode snowball drilling dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran terhadap ketuntasan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok pada pembelajaran biologi pokok bahasan virus. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Biologi KW - Pembelajaran Active Learning KW - Metode Snowball Drilling M1 - skripsi TI - PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL DRILLING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2010/2011 AV - restricted EP - 165 ER -