eprintid: 62441 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/24/41 datestamp: 2023-12-01 04:14:43 lastmod: 2023-12-01 04:14:43 status_changed: 2023-12-01 04:14:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Haniatussarifah, NIM.: 06680003 title: PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL DRILLING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2010/2011 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Active Learning, Metode Snowball Drilling note: Pembimbing: Yuni Wibowo, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode snowball drilling pada pembelajaran biologi pokok bahasan virus terhadap ketuntasan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok . Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment atau eksperimen semu dengan desain non-randomized control group pretest posttest design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran dengan metode snowball drilling dan variabel terikat berupa ketuntasan belajar (mastery learning). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terbagi menjadi 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random, dengan kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah soal tes (pretest-posttest) dan lembar angket tanggapan siswa. Analisis hasil belajar siswa menggunakan uji t berpasangan dan ketuntasan belajar menggunakan analisis persentase ketuntasan belajar, yaitu setelah 85% populasi kelas mencapai KKM 67%. Data tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Analisis hasil belajar siswa setelah dilakukan pengujian statistik dengan uji t berpasangan menghasilkan p = 0,000 lebih kecil dari 0,01 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sementara itu, analisis ketuntasan belajar pada kelas kontrol diperoleh persentase ketuntasan populasi kelas mencapai 82,35% dan pada kelas eksperimen diperoleh persentase ketuntasan populasi kelas mencapai 88,23%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ketuntasan belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode snowball drilling berpengaruh positif terhadap ketuntasan belajar. Tanggapan siswa 62,09% memiliki ketertarikan tinggi terhadap metode snowball drilling. Dengan demikian, metode snowball drilling dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran terhadap ketuntasan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok pada pembelajaran biologi pokok bahasan virus. date: 2010-12-09 date_type: published pages: 165 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Haniatussarifah, NIM.: 06680003 (2010) PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL DRILLING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62441/1/BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62441/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf