eprintid: 62448 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/24/48 datestamp: 2023-12-01 06:45:37 lastmod: 2023-12-01 06:45:37 status_changed: 2023-12-01 06:45:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nursahid, NIM.: 06690008 title: PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA METODE CIRC DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 ispublished: pub subjects: Pen_fis subjects: met_pemb divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Integrasi – Interkoneksi, CIRC , IDI, Perangkat Pembelajaran note: Pembimbing: Widayanti, M.Si dan Moh.Pribadi, M.Pd abstract: Paradigma integrasi-interkoneksi merupakan sebuah kerangka keilmuan yang dikembangkan UIN Sunan Kalijaga. Kerangka keilmuan ini baru diterapkan di tingkat perguruan tinggi saja (intern UIN), sehingga perlu adanya upaya untuk pendesiminasian kerangka keilmuan ini di tingkat SMA, SMP, bahkan SD. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan proses pembelajaran fisika dan perangkat pembelajaran (RPP, LKS, Modul) menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan paradigma Integrasi-Interconeksi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan model Instructional Development Institute (IDI), yang terdiri dari; penentuan (define ), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Wahid Hasyim tahun ajaran 2010/20011. Keberhasilan pembelajaran ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses meliputi peningkatan aktivitas siswa. Keberhasilan produk berupa peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran Fisika. Data pelaksanaan pembelajaran di analisis dengan analisis deskriptif, sementara keberhasilan produk dianalisis berdasarkan penelitian kualitatif dengan menggunakan persentase keberhasilan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran berupa; modul, RPP, dan LKS yang dikembangkan dengan model IDI. Perangkat pembelajaran kemudian diujicobakan dengan metode CIRC dengan Paradigma Integrasi-Interkoneksi. Hasil analisis penelitian menunjukan adanya tanggapan positif siswa sebesar 77, 27 %. Rata-rata prestasi aktifitas siswa pada uji coba I, uji coba II, dan uji coba III sebesar 78,4 %. Rata-rata prestasi siswa pada ranah afektif siswa uji coba I, uji coba II, dan uji coba III sebesar 71,85%. Prestasi siswa pada ranah psikomotorik, pada uji coba I, uji coba II, dan uji coba III sebesar 91,10%. Persentase keberhasilan proses 80,44%. Prestasi siswa pada ranah kognitif, pada uji coba I sebesar 6,9, pada uji coba II sebesar 7,4, dan pada uji coba III sebesar 8,15. Persentase ketuntasan belajar 81,67%. date: 2011-01-27 date_type: published pages: 110 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nursahid, NIM.: 06690008 (2011) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA METODE CIRC DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62448/1/NA5TUG~J.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62448/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf