relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62462/ title: IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN MORAL KEAGAMAAN BAGI ANAK USIA DINI creator: Eva Emilia Zaidah, NIM.: 16430036 subject: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) description: Pembiasaan adalah sesuatu yang sengaja dilakukan secara berulang-ulang agar sesuatu itu dapat menjadi kebiasaan. Pembiasaan sebenarnya berintikan pengalaman, yang dibiasakan itu adalah sesuatu yang diamalkan. Metode pembiasaan juga tergambar dalam Al-Qur‟an dalam penjabaran materi pendidikan melalui kebiasaan yang dilakukan secara bertahap. Dalam hal ini termasuk merubah kebiasaan-kebiasaan yang negatif. Metode pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan untuk melatih anak agar memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu, yang umumnya berhubungan dengan pengembangan kepribadian anak seperti emosi, disiplin, budi pekerti, kemandirian, penyesuaian diri, hidup bermasyarakat, dan lain sebagainya. Penelitian ini di lakukan karena peneliti menemukan beberapa hal yang menurut peneliti perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, peneliti menemukan ada anak yang membuang sampah tidak pada tempatnya, ada anak yang keluar kelas saat kegiatan belajar mengajar belum selesai, beberapa anak kurang menerapkan kata tolong dan terimakasih, seharusnya pada pendidikan anak usia dini saat ini guru sudah menerapkan beberapa peraturan yang harus ditaati oleh siswa, serta pembiasaan-pembiasaan yang di tanamkan guru yang mengarah pada pengembangan nilai moral dan agama pada siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi pengembangan nilai moral keagamaan pada anak usia dini kelompok B usia 5-6 tahun melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cumpleng Lamongan tahun pelajaran 2021/2022. Dalam pengembangan nilai moral keagamaan anak terdapat beberapa tahapan dan pendekatan yang dilaluinya. Salah satunya menurut perkembangan moral Lawrence Kohlerberg ia mengembangkan kedua tahap moral Piaget dan tiga tahap perkembangan kognitifnya mejadi tiga tahap perkembangan moral, yang masing-masing tahap mempunyai dua subtahapan, yang kemudian peneliti gunakan sebagai teori dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas kelompok B, kepala sekolah, siswa viii kelompok B. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan metode interaktif barpacu pada konsep Huberman dan Miles, yang terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengetahui keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk menguji keabsahan atau kebenaran hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode pembiasaan dalam pengembangan moral keagamaan bagi anak usia dini di TK ABA Cumpleng dibedakan menjadi empat bentuk kategori yaitu spontan, pembiasaan rutin, keteladanan dan terprogram. Pada kegiatan spontan anak dibiasakan untuk mengucap salam, tahmid, tasbih, maaf dan terimakasih serta bersalaman dengan guru atau orang tua. Pada Pembiasaan rutin berupa membaca do‟a sebelum dan sesudah kegiatan, asmaul husna, do‟a harian, surat-surat pendek, sholat dhuha, tahfidz dan seterusnya. Pada kegiatan keteladanan anak diajarkan untuk bersikap sopan santun saat berbicara dan berpeilaku pada orang tua, sedangkan terprogram ada kegiatan puasa dan berzakat dibulan Ramadhan dan gotong royong setiap 6 bulan sekali membersihkan ruang kelas lalu menghiasnya. date: 2023-06-14 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62462/1/16430036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62462/2/16430036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Eva Emilia Zaidah, NIM.: 16430036 (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN MORAL KEAGAMAAN BAGI ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.