@phdthesis{digilib62478, month = {August}, title = {PENERAPAN METODE MONTESSORI DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 DI TK ALIFA MUSLIM MONTESSORI GEDONGKUNING}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104030015 Ginan Nur Izzi}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dra. Nadlifah., M.Pd.}, keywords = {Anak Usia Dini, Metode Montessori, kreativitas}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62478/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi anak yang masih bergantung pada orang lain secara emosi dan nilai. Metode montessori yang diterapkan di TK Alifa Muslim Montessori dapat membantu anak mengatasi ketergantungan tersebut. Metode montessori adalah metode pembelajaran yang memberikan kepercayaan pada anak untuk menjadi pribadi yang mandiri dengan melatih anak melakukan kegiatan sehari-hari tanpa bergantung pada orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode montessori dalam pembentukan kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Alifa Muslim Montessori Gedongkuning, (2) faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode montessori dalam pembentukan kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Alifa Muslim Montessori Gedongkuning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wali kelas, dan beberapa orang tua siswa, serta siswa kelompok B2 TK Alifa Muslim Montessori Gedongkuning. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Sugiyono, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode montessori dalam pembentukan kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Alifa Muslim Montessori Gedongkuning dilaksanakan dengan melatih kemandirian emosi kemandirian kognitif, dan kemandirian nilai. Pada kemandirian kognitif dan nilai dapat dikatakan optimal karena anak mampu melakukan kegiatan sendiri dan mau bermain bersama saat menggunakan media montessori yang sama, sedangkan pada kemandirian emosi belum optimal karena anak masih bergantung dengan emosi orang lain sehingga ketika suasana hatinya tidak bagus maka anak tidak bersemangat belajar. (2) Faktor pendukung penerapan metode montessori dalam pembentukan kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Alifa Muslim Montessori yaitu guru mendapatkan pembekalan sebelum proses belajar mengajar dimulai dan dilibatkan dalam pelatihan untuk perencanaan pembelajaran montessori, serta melibatkan orang tua untuk membantu melatih kemandirian anak di rumah. Adapun faktor penghambatnya yaitu belum lengkapnya media atau apparatus montessori dan pemakaian kelas montessori yang terbatas.} }