eprintid: 6248 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/62/48 datestamp: 2023-11-03 06:47:29 lastmod: 2023-11-03 06:50:28 status_changed: 2012-05-04 16:49:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anto Hartanto, NIM.: 04420907 title: STRATEGI PEMBELAJARAN MUHADASAH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011diyah Demangan) ispublished: pub subjects: met_pemb divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Muhadasah, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab note: Pembimbing: Nurhadi, S.Ag., M.A. abstract: ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam pembelajaran muhadatsah dan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran tersebut, serta solusi apa saja yang ambil oleh guru dalam mengatasi kendala pembelajaran muhadatsah di kelas X Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian pada siswa kelas X MA Wahid Hasyim Yogyakarta tentang strategi pembelajaran muhadatsah. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) jenis strategi pembelajaran kemahiran berbicara (1) jenis strategi pembelajaran muhadatsah di kelas X MA Wahid Hasyim Yogyakarta ialah termasuk dalam jenis strategi pembelajaran interaktif. Strategi ini menekankan diskusi dan sharing di antara peserta didik. Diskusi dan sharing memberikan kesempatan peserta untuk beraksi terhadap gagasan, pengalaman, pendekatan, dan pengetahuan guru atau temannya. Dengan mencakup perencanaan, metode pembelajaran dan evaluasi. (2) Faktor yang menjadi kendala dalam penerapan strategi pembelajaran muhadatsah, yang pertama dari factor siswa : a) Kurangnya minat dan antusias siswa dalam belajar. b) Kesulitan siswa dalam ber-muhadatsah dan kurangnya mufrodat. Yang kedua, factor guru, yaitu : kurangnya jumlah guru pembimbing dan kurang komitmennya para guru dalam mengelola kegitan pembelajaran muhadatsah. Selain itu juga terdapat faktor materi, faktor waktu, faktor fasilitas, faktor lingkungan. (3) Solusi yang diambil oleh guru ialah : a) menum,buhkan motivasi kepada siswa untuk selalu belajar dengan serius. b) mengadakan kegiatan pembelajaran di asrama guna menambah mufrodat yang dihafal dan meningkatkan kemahiran muhadatsah. c) mengadakan evaluasai kinerja guru yang dilaksanakan pada setiap minggu. div date: 2011-07-22 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-07-22 10:11:11 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--antohartan-6248-1-antohar-1.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/125/digilib-uinsuka--antohartan-6248-1-antohar-1.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6909 ; nama file lama : ANTO HARTANTO - NIM. 04420907 STRATEGI PEMBELAJARAN MUHADASAH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1173263 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-07-22 10:11:11 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--antohartan-6248-1-antohar-1.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/125/digilib-uinsuka--antohartan-6248-1-antohar-1.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6909 ; nama file lama : ANTO HARTANTO - NIM. 04420907 STRATEGI PEMBELAJARAN MUHADASAH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1173263 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Anto Hartanto, NIM.: 04420907 (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN MUHADASAH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011diyah Demangan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6248/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6248/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%C2%B7.pdf