@phdthesis{digilib62486, month = {December}, title = {?BELAJAR SAMBIL BERMAIN? DALAM PEMBELAJARAN PAI DI RA MASYITOH KEBOKUNING PATUK GUNUNG KIDUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08410259-E Siti Fathonah}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Drs. Moch. Fuad}, keywords = {Pembelajaran, Anak Usia Dini, Pembelajaran PAI}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62486/}, abstract = {Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru dan malah bermain atau ngobrol sendiri dengan teman sebangkunya. Siswa terlihat bosan dan jenuh mengikuti pelajaran dan sibuk sendiri ? sendiri jika pelajaraan sudah beberapa saat berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI di RA Masyitoh Kebokuning, Patuk Gunung Kidul serta untuk mengetahui faktor ? faktor yang menunjang proses ?belajar sambil bermain? dalam pembelajaran PAI di RA Masyitoh Kebokuning, patuk Gunung Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan dengan subjek penelitian adalah para guru TK RA Masyitoh Kebokuning Patuk Gunung Kidul. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran materi PAI yang materinya meliputi Aqidah akhlak, ibadah, membaca dan menulis Al-Quran serta Muamallah. kepada para siswa di RA Masyitoh melalui metode belajar sambil bermain dilakukan dengan bernyanyi, mendongeng dan mengenal huruf dengan gambar ? gambar yang menarik, tebakan, kegiatan di luar kelas maupun praktek langsung, sehingga dengan metode belajar sambil bermain ini ternyata anak ? anak lebih mudah mengingat dan menghafal serta memahami materi yang disampaikan oleh para guru. Terdapat beberapa faktor ? Faktor yang turut menunjang keberhasilan proses pembelajaran PAI melalui strategi ?belajar sambil bermain? yaitu kemampuan para guru yang mampu berkreasi atau membuat ide untuk mengemas setiap materi pembelajaran PAI menjadi sesuatu hal yang cukup menarik untuk dipelajari. Selain itu semangat dan kemampuan belajar siswa terutama dalam menyerap materi yang diberikan meskipun penyampaiannya dikemas dalam bentuk permainan. Faktor satu lagi yang terpenting adalah tersedianya sarana dan prasarana seperti alat peraga dan berbagai jenis alat permainan yang dapat menunjang pembelajaran PAI merupakan faktor yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran PAI melalui strategi ?belajar sambil bermain?.} }