TY - THES N1 - Pembimbing: Muqowim, M. Ag ID - digilib62488 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62488/ A1 - Riska Yuni Prihatin, NIM.: 07410009 Y1 - 2011/01/24/ N2 - Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa dalam dunia pendidikan masih belum dijumpai model pendidikan seorang Abdi Dalem Keraton Yogyakarta. Sedangkan model yang ditawarkan seorang Abdi Dalem ini akan memberikan sumbangan yang positif terhadap pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam dalam keluarga. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana seorang Abdi Dalem membimbing anaknya dalam Pendidikan Agama Islam. (2) Untuk mengetahui problem yang dihadapi oleh Abdi Dalem tersebut dalam melakukan bimbingan Pendidikan Agama Islam. (3) Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh Abdi Dalem untuk menhadapi problem yang ada tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar keluarga Bapak Jarot Isa Martono seorang Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang tinggal di desa Bedog, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara secara mendalam, pengamatan terlibat, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Dari Penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) dalam mendidik anakanaknya Pak Jarot ini menggunakan nasehat sebagai alat utama. Nasehat ini dilaksanakan jika anak salah jalan atau anak mengalami suatu kejadian dan berceriita pada orang tuanya sehingga peristiwa yang terjadi tersebut menjadi salah satu alat untuk memberi nasehat. Dalam kegiatan apapun yang sifatnya pendidikan keluarga Pak Jarot ini memberikan respon yang positif terhadap usaha anak-anaknya. Dalam mendidik anak terkadang menggunakan pepatah Jawa seperti yang dia dapatkan dari Keraton Yogyakarta. (2) Problem dalam bimbingan belajar Pendidikan Agama Islam di keluarga Pak Jarot adalah Lingkungan yang semakin maju dan zaman yang semakin modern, waktu luang untuk bersama anak yang semakin sedikit, karakter anak yang berbeda, dan menghilangkan kebiasaan kejawen yang biasa dilakukan oleh Pak Jarot. (3) Keluarga Pak Jarot mengatasi masalah dengan memberi pengetahuan tentang bahaya yang ada di lingkungan, memahami karakter masing-masing anak, menggunakan waktu luang dan hari libur untuk berkumpul dengan anak, memberikan dukungan dalam hal apapun, dan memberikan pengertian tentang ritual-ritual kejawen yang sering dilaksanakan serta mengajak anaknya turut serta dalam kegiatan yang dilakukan di Keraton Yogyakarta sehingga anak tersebut akan memahami sendiri dengan mengamati peristiwa yang sering ia alami. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Keluarga KW - Pendidikan Agama Islam KW - Abdi Dalem Keraton M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA ABDI DALEM PUNOKAWAN KERATON YOGYAKARTA AV - restricted EP - 151 ER -