@phdthesis{digilib62489, month = {January}, title = {PENDIDIKAN KELUARGA PERSPEKTIF ZAKIAH DARADJAT}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 06470008 Ricki Asriandi}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah M.Ag}, keywords = {Pendidikan Anak, Pendidikan Agama, Lingkungan Keluarga}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62489/}, abstract = {Zakiah Daradjat salah satu tokoh religius pemikir pendidikan Islam di Indonesia. Salah satu pemikiran Zakiah Daradjat yang menarik dibandingkan tokoh pendidikan Islam lainnya adalah pendidikan keluarga. Pendidikan yang dilakukan keluarga terhadap anak-anak sejak kecil bahkan masih dalam kandungan ibunya, tidak hanya masa itu saja. Tetapi ketika mereka mecari pasangan hidupnya keluarga ikut berperan, dan keluarga amat berpegaruh dalam kehidupan anak-anak. Penelitian ini memiliki latar belakang kurangnya perhatian keluarga terhadap anak-anaknya tentang pendidikan agama maupun pendidikan umum, yang dilakukan di lingkungan keluarga, keluarga menganggap hanya pihak sekolah yang berhak memberikan pendidikan, dan kurangnya pendidikan keluarga yang di lakukan oleh pihak keluarga. Sehingga tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengkaji, dan membahas konsep pendidikan keluarga menurut Zakiah Daradjat, (2) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendidikan kelurga menurut Zakiah Daradjat, dan (3) Menjelaskan bagaimana peran keluarga dalam pendidikan menurut Zakiah Daradjat. Jenis penelitian ini adalah literer, sebab difokuskan pada suatu penggalian dan analisis data yang memakai sumber pustaka dan penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif. Pengumpulan data difokuskan pada penelusuran dan penelahaan literature dan bahan pustaka lainnya. Analisis data dilakukan dengan mengunakan content analisis, dianalisis isinya kemudian dinterpretasikan dan akhirnya diberi kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) bahwa pendidikan tidak hanya dilakukan di sekolah, akan tetapi pendidikan dalam keluarga sangat penting, karena pendidikan keluarga merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak, (2) peran keluarga dalam pendidikan sangat besar terhadap anak-anak, dan (3) menganalisis konsep dan faktor-faktor pendididkan keluarga menurut Zakiah Daradjat. Dengan penelitian ini, penulis berharap skripsi ini bisa menjadi kontribusi besar bagi keluarga, tentang pembiasaan melakukan pendidikan agama dan umum bagi anak-anak di keluarga, supaya mereka menjadi anak yang diridoi Allah SWT dan bisa menghadapi masa depan.} }