%0 Thesis %9 Skripsi %A Arif Hidayat, NIM.: 06470072 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:6249 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendidikan Pesantren , Abdurrahman Wahid, Pemikiran Islam %P 197 %T KONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT ABDURRAHMAN WAHID %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6249/ %X ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari latar belakang bahwa Pendidikan pesantren dituntut terus berkembang dengan tetap mempertahankan nilai-nilai lokal dan moral keagamaan pesantren dalam desakan teknologi informasi, kapitalisasi dan arabisasi. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui latar belakang lahirnya pembaharuan pesantren Abdurrahman Wahid, 2) mengetahui konsep pembaharuan pendidikan pesantren Abdurrahman Wahid, serta 3) menganalisa upaya Abdurrahman Wahid dalam mempertahankan nilai lokal dan moral keagamaan pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofishistoris. metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis logika reflektif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Konsep pembaharuan pesantren Abdurrahman Wahid dilatarbelakangi oleh (a) keterikatan pribadi Abdurrahman Wahid terhadap pesantren, (b) pesantren kurang mampu merespon perubahan, (c) Perpolilikan orde baru, dan (d) adanya potensi besar dalam diri pesantren dalam membangun aras perubahan. (2) pembaharuan pendidikan pesantren Abdurrahman Wahid meliputi ; (a) Tujuan; pendalaman agama untuk dijadikan landasan menempuh karir, (b) kurikulum; integrasi kurikulum formal kedalam lingkungan pesantren, (c) metode; merangsang santri berfikir tanpa dibatasi oleh keadaan (cara guru memberikan materi), (d) evaluasi; evaluasi mandiri, tes formatif dan tes sumatif. (3) upaya Abdurrahman Wahid mempertahankan nilai lokal, moral keagamaan pesantren (a) berpijak pada tradisi pesantren (b) pribumisasi islam, dan (c) pluralism Agama. div %Z Pembimbing: Prof.Dr. Abd.Rahman Assegaf, M.Ag.