%0 Thesis %9 Skripsi %A Nely Rahmawati Zaimah, NIM.: 07420030 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:62491 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelaja, ran Bahasa Arab, Keterampilan Membaca, Aplikasi al-Qur’an %P 125 %T RESPON SISWA TENTANG PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA (QIRA’AH) TERHADAP PROGRAM APLIKASI AL-QUR’AN KELAS VIII MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62491/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa tentang pengaruh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al-Qur’an dan mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al-Qur’an bagi kelas VIII MTsN Prambanan Sleman Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Dalam hal penentuan subyek, peneliti menggunakan teknik random sampling, dikarenakan subyek penelitian berjumlah besar, yakni 189 siswa maka penulis menentukan sampel 25% dari seluruh siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuisioner atau angket dan dokumentasi. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus koefisien alpha. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Respon siswa tentang pengaruh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al- Qur’an, diantaranya yaitu Jika siswa belum mampu membaca teks berbahasa Arab dengan benar, berarti siswa juga belum mampu membaca al-Qur’an dengan benar pula dan Pelajaran Bahasa Arab mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. 2) Berdasarkan hasil analisis uji regresi, disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al-Qur’an”. Hal ini ditunjukkan dalam tabel summary terdapat nilai R Square diperoleh angka 0,593, yang berarti 59,3% keberhasilan program aplikasi al-Qur’an dipengaruhi oleh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) dan sisanya sebesar 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain. %Z Pembimbing: Drs. AsrorI Saud, M.Si