eprintid: 62491 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/24/91 datestamp: 2023-12-05 07:04:41 lastmod: 2023-12-05 07:04:41 status_changed: 2023-12-05 07:04:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nely Rahmawati Zaimah, NIM.: 07420030 title: RESPON SISWA TENTANG PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA (QIRA’AH) TERHADAP PROGRAM APLIKASI AL-QUR’AN KELAS VIII MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelaja, ran Bahasa Arab, Keterampilan Membaca, Aplikasi al-Qur’an note: Pembimbing: Drs. AsrorI Saud, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa tentang pengaruh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al-Qur’an dan mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al-Qur’an bagi kelas VIII MTsN Prambanan Sleman Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Dalam hal penentuan subyek, peneliti menggunakan teknik random sampling, dikarenakan subyek penelitian berjumlah besar, yakni 189 siswa maka penulis menentukan sampel 25% dari seluruh siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuisioner atau angket dan dokumentasi. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus koefisien alpha. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Respon siswa tentang pengaruh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al- Qur’an, diantaranya yaitu Jika siswa belum mampu membaca teks berbahasa Arab dengan benar, berarti siswa juga belum mampu membaca al-Qur’an dengan benar pula dan Pelajaran Bahasa Arab mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. 2) Berdasarkan hasil analisis uji regresi, disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al-Qur’an”. Hal ini ditunjukkan dalam tabel summary terdapat nilai R Square diperoleh angka 0,593, yang berarti 59,3% keberhasilan program aplikasi al-Qur’an dipengaruhi oleh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) dan sisanya sebesar 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain. date: 2011-03-11 date_type: published pages: 125 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nely Rahmawati Zaimah, NIM.: 07420030 (2011) RESPON SISWA TENTANG PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA (QIRA’AH) TERHADAP PROGRAM APLIKASI AL-QUR’AN KELAS VIII MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62491/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62491/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf