eprintid: 62493 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/24/93 datestamp: 2023-12-05 07:11:26 lastmod: 2023-12-05 07:11:26 status_changed: 2023-12-05 07:11:26 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Khoiriyah, NIM.: 08410255-E title: PERAN WALI SANTRI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI MADRASAH DINIYAH AL-IKHLAS GAYAM JATIMULYO KABUPATEN BANTUL ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan, Membaca Al-Quran, Wali Santri note: Pembimbing: Mujahid, M.Ag abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan pembelajaran membaca Al-Quran serta untuk mengetahui peran wali santri dalam peningkatan pembelajaran membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas Gayam, Jatimulyo, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan analisis deskriptif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Adapun subjek penelitian adalah wali santri, santri dan pengajar di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan membaca Al- Quran di TPA Al-Ikhlas Gayam, Jatimulyo, Bantul dilakukan dengan melakukan pengelompokan tingkatan–tingkatan atau kelas pada santri–santrinya. Dalam pelaksanaannya, pengelola TPA AL-Ikhlas menerapkan sistem yang melibatkan secara aktif semua santri dalam proses belajar membaca Al-Quran, dimana secara bergiliran santri membaca dan santri lainnya menyimak apa yang dibacakan santri tersebut. Adapun peran wali santri dalam membantu santri dalam membacar Al- Quran cukup efektif meskipun dilakukan dengan cara yang berbeda–beda. Peran yang dilakukan oleh wali santri tersebut antara lain pertama dengan membiasakan mengajak anak – anak/santri untuk belajar membaca dan mengaji kembali setelah sholat magrib. Kedua, mengingatkan dan mengharuskan santri untuk selalu mengaji Di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas serta melakukan komunikasi dengan para ustad dan ustadzah untuk mengetahui perkembangan belajar mengaji anak–anak mereka. Peran nyata ketiga dilakukan dengan mewajibkan anak–anak mereka untuk mengaji atau membaca ulang pelajaran membaca Al-Quran yang sudah diajarakan pada saat dirumah khususnya setelah sholat magrib. Selain itu secara aktif maupun pasif wali santri juga memantau kemampuan santri di TPA Al-Ikhlas dengan menanyakan kepada ustadz dan ustadzahnya. Meskipun demikian terdapat wali santri yang hanya kadang – kadang saja memerintahkan anaknya untuk mengaji dirumah dan hanya sekedar menanyakan sudah sampai mana belajarnya tanpa memberikan contoh kepada anak – anak mereka untuk belajar mengaji sehabis sholat maghrib. Terdapat juga beberapa wali santri yang tidak menganjurkan anak- anaknya untuk belajar kembali membaca Al-Quran di rumah dengan alasan mereka tidak bisa mengajari anak mereka dengan alasan sudah terlalu capek dan lain sebagainya. Dengan kata lain, ada beberapa wali santri yang sepenuhnya menyerahkan dan mepercayakan pembelajaran membaca Al-Quran anaknya pada pihak TPA saja. date: 2010-12-06 date_type: published pages: 85 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Khoiriyah, NIM.: 08410255-E (2010) PERAN WALI SANTRI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI MADRASAH DINIYAH AL-IKHLAS GAYAM JATIMULYO KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62493/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62493/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf