%A NIM.: 19104050014 Dyah Ayu Retnaningsih %O Pembimbing: Nira Nurwulandari, M.Pd. %T PENGEMBANGAN POCKET BOOK FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATERI GETARAN HARMONIS %X Kemajuan teknologi yang terjadi pada era sekarang ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan proses pembelajaran, salah satunya penggunaan smartphone di kalangan pelajar dapat dijadikan sebagai sarana untuk belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan media pembelajaran pocket book fisika berbasis contextual learning berbantuan aplikasi android pada materi getaran harmonis. 2) Mengetahui kualitas media pembelajaran pembelajaran pocket book fisika berbasis contextual learning pada materi getaran harmonis berbantuan aplikasi android. 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran pembelajaran Pocket book fisika berbasis contextual learning pada materi getaran harmonis berbantuan aplikasi android. 4) Menguji keterlaksanaan pocket book fisika berbasis contextual learning pada materi getaran harmonis berbantuan aplikasi android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Penelitian dibatasi sampai pada tahap evaluasi sumatif (Evaluation) dan Implementation pada uji keterlaksanaan produk. Penilaian ini dilakukan oleh dua validator instrumen, dua ahli materi, dua ahli media, satu guru fisika, peserta didik dan dua observer. Penilaian menggunakan skala likert 1-4 dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian ini adalah aplikasi pocket book fisika getaran harmonis berbasis contextual learning. Hasil penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, dan guru fisika secara berurutan memperoleh rerata penilaian dengan kriteria Sangat Baik (SB) dengan skor 3,33; 3,60; dan 3,71. Hasil uji coba terbatas dan uji coba luas memperoleh rerata respon Sangat Setuju (SS) dengan skor 3,49 dan 3,47. Penilaian keterlaksanaan produk memperoleh kriteria Sangat Baik (SB) dengan skor 3,64. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pocket book berbasis contextual learning dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran fisika materi getaran harmonis SMA. %K Aplikasi, Contextual Learning, Getaran Harmonis, Pocket Book Fisika. %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib62494