eprintid: 62494 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/24/94 datestamp: 2023-12-05 07:23:04 lastmod: 2023-12-05 07:23:04 status_changed: 2023-12-05 07:23:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Dyah Ayu Retnaningsih, NIM.: 19104050014 title: PENGEMBANGAN POCKET BOOK FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATERI GETARAN HARMONIS ispublished: pub subjects: Pen_fis subjects: med_pemb divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: Aplikasi, Contextual Learning, Getaran Harmonis, Pocket Book Fisika. note: Pembimbing: Nira Nurwulandari, M.Pd. abstract: Kemajuan teknologi yang terjadi pada era sekarang ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan proses pembelajaran, salah satunya penggunaan smartphone di kalangan pelajar dapat dijadikan sebagai sarana untuk belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan media pembelajaran pocket book fisika berbasis contextual learning berbantuan aplikasi android pada materi getaran harmonis. 2) Mengetahui kualitas media pembelajaran pembelajaran pocket book fisika berbasis contextual learning pada materi getaran harmonis berbantuan aplikasi android. 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran pembelajaran Pocket book fisika berbasis contextual learning pada materi getaran harmonis berbantuan aplikasi android. 4) Menguji keterlaksanaan pocket book fisika berbasis contextual learning pada materi getaran harmonis berbantuan aplikasi android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Penelitian dibatasi sampai pada tahap evaluasi sumatif (Evaluation) dan Implementation pada uji keterlaksanaan produk. Penilaian ini dilakukan oleh dua validator instrumen, dua ahli materi, dua ahli media, satu guru fisika, peserta didik dan dua observer. Penilaian menggunakan skala likert 1-4 dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian ini adalah aplikasi pocket book fisika getaran harmonis berbasis contextual learning. Hasil penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, dan guru fisika secara berurutan memperoleh rerata penilaian dengan kriteria Sangat Baik (SB) dengan skor 3,33; 3,60; dan 3,71. Hasil uji coba terbatas dan uji coba luas memperoleh rerata respon Sangat Setuju (SS) dengan skor 3,49 dan 3,47. Penilaian keterlaksanaan produk memperoleh kriteria Sangat Baik (SB) dengan skor 3,64. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pocket book berbasis contextual learning dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran fisika materi getaran harmonis SMA. date: 2023-08-07 date_type: published pages: 210 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dyah Ayu Retnaningsih, NIM.: 19104050014 (2023) PENGEMBANGAN POCKET BOOK FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATERI GETARAN HARMONIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62494/1/19104050014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62494/2/19104050014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf