TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Maksudin, M.Ag. ID - digilib62505 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62505/ A1 - Iwan, NIM.: 06420041 Y1 - 2011/02/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sharaf siswa dalam kelompok eksperimen (kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran sharaf model Cipasung Tasikmalaya) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tidak memperoleh pembelajaran sharaf model Cipasung Tasikmalaya) pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan Sleman Yogyakarta. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah populasi yaitu siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan Sleman Yogyakarta tahun akademik 2010-2011 sebanyak 45 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Kelas IX A sebagai kelompok eksperimen berjumlah 21 siswa dan kelas IX B sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk perhitungan analisis data, menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Pada uji instrumen, menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment Karl Pearson. Untuk uji validilitas dan uji reliabilitas, menggunakan teknik ulang atau single test double trial method. Persyaratan uji analisis data, menggunakann uji homogenitas dilakukan dengan rumus uji F. Analisis data yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan uji ?t?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar sharaf pada kelompok eksperimen (kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran sharaf model Cipasung Tasikmalaya) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tidak memperoleh pembelajaran sharaf model Cipasung Tasikmalaya). Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata selisih antara pre-test dan post-test baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Setelah dilakukan uji ?t? diperoleh harga thitung sebesar 12,035 (tanda ?+? dan ??? pada harga ?t? adalah absolut) lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dan signifikan pada 0,05 (P<0,05), hal ini berarti bahwa pembelajaran sharaf model Cipasung Tasikmalaya terbukti cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar sharaf siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan Sleman Yogyakarta. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Sharaf KW - Pendidikan Islam KW - Model Cipasung Tasikmalaya M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN SHARAF MODEL CIPASUNG TASIKMALAYA (STUDI EKSPERIMENTASI PADA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA). AV - restricted EP - 143 ER -