eprintid: 62508 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/25/08 datestamp: 2023-12-05 07:40:44 lastmod: 2023-12-05 07:40:44 status_changed: 2023-12-05 07:40:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Hanif Bawono Aji, NIM.: 07410136 title: KONSEP TARBIYAH ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN KEMBARAN BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pon_pes divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Tarbiyah Islamiyah, Metode Pembelajaran, Pondok Pesantren note: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag abstract: Latar belakang yang diangkat oleh penulis pada penelitian ini, pandangan penulis terhadap perkembangan Tarbiyah Islamiyah di akhir zaman, sangat disayangkan, masih bertumpu pada pemahaman, tanpa memperhatikan dimensi- dimensi lain yaitu ranah sikap dan kepribadian. Kenyataan ini juga diperparah lagi dengan kemajuan IPTEK dan sarana prasarana yang mudah dijangkau seharusnya menjadikan Tarbiyah Islamiyah pada masa kini, mampu memberikan sebuah rekrontruksi dan renovasi yang multidimensi pada setiap bidang yang ada. Namun kenyataannya, segala fasilitas tersebut banyak para kaum muslimin menganggapnya suatu fasilitas biasa, bahkan fasilitas tersebut tidak jarang sering disalah gunakan, pada kegiatan yang sia-sia tanpa faidah. Selain itu hadirnya para ulama di negeri ini tidak mampu memberikan kemajuan dan turut menentukan keberadaan suatu negeri. Maka pentingnya pembaharuan terhadap Tarbiyah Islamiyah pada masa kini. Tas}fiyyah Wa Tarbiyyah Fahmi > Salafus } S}alih}, adalah jalan yang paling asasi dan telah paripurna, dalam membina para kader dakwah yang profesional dan konsekuen terhadap pengamalan syariat. Oleh karena itu, perlunya diadakan kajian ulang guna meluruskan Konsep Tarbiyah Islam pada abad moderen ini. Pentingnya Tarbiyah Islamiyah tidak hanya sekedar belajar dan mengajarkannya, sebagai suatu pekerjaan kalayak semestinya, akan tetapi kecukupan dan kesempurnaan Tarbiyah Islamiyah ditandai dengan pemahaman yang benar dan pengamalan yang benar pula. Sedangkan yang menjadi inti dari permasalah dari penelitian ini adalah (a) Bagaimana Konsep Tarbiyah Islamiyah Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an. (b) Penerapan Konsep Tarbiyah Islamiyah di Pondok tersebut. (c) Dan hasil kontribusi yang ditawarkan di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Kembaran Bantul, Yogyakarta terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di P.P Hamalatul Qur’an Kembaran, Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dokumentasi, dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Manhaj Tarbiyah Islamiyah yang benar mengajarkan untuk senantiasa ittiba’ pada dalil yang shahih dan bukan untuk mengajarkan untuk taklid kepada kelompok. (2) Tarbiyah Islamiyah yang didukung adanya Tas}fiyyatu Sunnah, akan bermuara pada keluhuran jiwa seorang muslim. Keluhuran jiwa ini dapat dibentuk dengan mendekatkan para santri kepada al- Qur’an dan as-Sunnah, Alhasil mereka akan memiliki kesempatan yang amat banyak, untuk memperoleh akhlak dan adab sebagai seorang muslim date: 2011-02-16 date_type: published pages: 188 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hanif Bawono Aji, NIM.: 07410136 (2011) KONSEP TARBIYAH ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN KEMBARAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62508/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62508/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf