eprintid: 6251 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/62/51 datestamp: 2015-01-28 06:26:32 lastmod: 2023-11-03 06:42:30 status_changed: 2012-05-04 16:49:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arif Saifuddin, NIM.: 04410738 title: PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: bim_kons divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Bimbingan dan Konseling, Konselor, Sekolah note: Pembimbing: Dra.Hj. Susilaningsih, M.A. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling dan apa saja kendala yang dihadapi oleh bimbingan dan konseling yang diadakan di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Dari hasil tersebut diharapkan dapat digunakan untuk evaluasi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede sehingga dapat digunakan untuk pengembangan program ke depan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Madrasah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisis data dilakukan dengan metode deskriptif-analitik. Data yang telah dianalisis kemudian dipaparkan dengan metode deduktif yang berangkat dari teori umum untuk menuju pada kesimpulan yang bersifat aplikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di Madrasah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta meliputi antara lain (1) Orientasi (2) Pengumpulan data (Appraisal) (3) Pemberian informasi (Information) (4) Penempatan (Placement) (5) Konseling (Counceling) (6) layanan Pembelajran (7) Konsultasi (Consultation) dan (8) Evaluasi program (Evaluation). Akan tetapi secara keseluruhan pelaksanaannya ternyata belum maksimal. Hal ini diakui oleh guru bimbingan dan konseling maupun peserta didik. Kendala dari belum maksimalnya pelaksanaan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede terdiri kendala dari dalam dan kendala dari luar. Kendala dari dalam antara lain: (a) Program yang kurang terencana dengan baik. (b) Guru Bimbingan dan Konseling yang ditunjuk sekolah tidak berlatar belakang pendidikan konseling. (c) Belum ada guru bimbingan dan konseling putri. (d) Guru Bimbingan Konseling yang kurang semaksimal mungkin dalam melaksanakan tugasnya dan (e) Belum ada evaluasi yang menyeluruh terhadap seluruh pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Sementara kendala dari luar antara lain: (1) Terbatasnya sarana dan prasarana. (2) Kurangnya partisipasi peserta didik.(3) Kurangnya kerjasama dengan wali kelas dan guru mata pelajaran. (4) Belum ada agenda khusus untuk berkonsultasi dengan wali kelas dan guru mata pelajaran. (5) Belum ada kerjasama yang baik dengan orangtua peserta didik. (6) Tidak ada koordinasi yang jelas antara guru Bimbingan dan Konseling dengan pembimbing asrama Ponpes. div date: 2015-01-28 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE citation: Arif Saifuddin, NIM.: 04410738 (2015) PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6251/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6251/1/BAB%20II%2C%20III.pdf