%0 Thesis %9 Skripsi %A Lutfia Wulansani, NIM.: 19104090069 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:62515 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Evaluasi CIPP, Manajemen Pembelajaran, Covid-19 %P 208 %T EVALUASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MI AL KAUTSAR SLEMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2022/2023 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62515/ %X Latar belakang penelitian ini adalah pandemi covid-19 memiliki dampak dan perubahan yang sangat luar biasa, termasuk sektor pendidikan. Dampak yang timbul akibat covid-19 dalam sektor pendidikan yakni berubahnya pola pembelajaran. Karena lembaga pendidikan telah melakukan proses pembelajaran secara daring selama kurang lebih dua tahun, pada akhirnya madrasah tidak siap untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Sehingga perlu adanya evaluasi untuk melihat seberapa jauh terlaksananya manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Wali kelas dan Siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu transcript, coding, grouping, comparing dan contrasting. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran tatap muka di MI Al-Kautsar dilaksanakan berdasarkan surat edaran pembelajaran tatap muka pada masa pandemi covid-19 dari Kemendikbud dengan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan panduan. (2) Siswa dan guru telah sesuai dengan panduan, adapun sarana prasarana dalam manajemen pembelajaran masa pandemi yang menunjukkan baik dan adanya persiapan yang matang, meskipun terdapat kendala seperti sarana prasarana yang masih belum memenuhi pedoman penyelenggaraan pembelajaran masa pandemi covid-19. (3) Metode, media dan proses pembelajaran telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan perencanaan awal yang sudah sekolah tetapkan menggunakan kurikulum darurat. Selanjutnya (4) Hasil belajar siswa di MI Al Kautsar mengalami peningkatan yang signifikan di bidang akademik pada pembelajaran tatap muka pada masa pandemi covid-19. %Z Pembimbing: Miftahus Sa'adah, S.Pd.I., M.Ed.