%A NIM.: 21204011055 Qurrotul A’yun %O Pembimbing: Dr. Nur Saidah, S.Ag.,M.Ag. %T IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK %X Implementasi kurikulum merdeka belajar PAI di SD IT Bina Anak Islam Krapyak yang belum maksimal dikarenakan sistem pengajaran yang belum terencana dengan rinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD IT Bina Anak Islam Krapyak. Jenis penelitian field resreach dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling, yakni kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam kelas 1 dan kelas 4, wali kelas, dan peserta didik kelas 4. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada kajian ini adalah triangulasi sumber dan teknik, sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pertama, dasar penerapan kurikulum merdeka belajar di SD IT Bina Anak Islam Krapyak di landaskan pada yuridis formal yakni permendikbud ristek no.5 tahun 2022 dan no. 56 tahun 2022 serta keputusan kepala BSNP no.008 tahun 2022 dan landasan lokal yakni kurikulum merdeka memberikan ruang kepada siswa untuk bereksplorasi. Kedua, implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dilihat dari pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar yang meliputi tiga yakni (1) Asesmen diagnostik yang meliputi asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif, (2) Perencanaan berupa penentuan capaian pembelajaran (CP), alur tujuan pembelajaran (ATP), dan modul pembelajaran (3) Pembelajaran yang tidak terburu-buru sehingga lebih bermakna dan mendalam dan pada akhir proses pembelajaran dilakukan asesmen formatif dan asesmen sumatif. Ketiga, (a) kelebihan implementasi kurikulum merdeka belajar yakni pembelajaran yang terasa menyenangkan dan lebih interaktif (b) kekurangan implementasi kurikulum merdeka belajar yakni keterlambatan distribusi buku paket (c) faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI yakni terpenuhinya fasilitas pembelajaran dan guru mengikuti workshop kurikulum merdeka, (d) faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI yakni guru mata pelajaran PAI belum sepenuhnya memahami kurikulum merdeka dan guru belum sepenuhnya menerapkan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI. Keempat, implikasi implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI di SD IT Bina Anak Islam Krapyak yakni materi pelajaran esensial dan menyesuaikan dengan minat bakat peserta didik. %K kurikulum merdeka, independent curriculum; PAI %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib62522