TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Zainal Arifin, M.Ag. ID - digilib6255 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6255/ A1 - Akhmad Sigit Ilhami, NIM.: 05420020 Y1 - 2011/07/25/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara materi pelajaran buku bahasa Arab Muqarrar Al-lughah Al-'Arabiyah untuk kelas I Madrasah Aliyah Muallimin Muhammadiyah dengan konsep teori CTL (Contextual Teaching and Learning). Hasil penelitian ini diharapkan penulis dapat mengetahui kesesuaian antara teori CTL dengan materinya dan segala kelebihan dan kekurangannya dalam pembuatan materi pelajaran yang merupakan salah satu komponen pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan (library research) yang datanya mengambil dari bermacam-macam materi yang terdapat di perpustakaan berupa buku-buku, dokumen dan catatan lainnya dan tipe penelitian ini adalah analisis isi (content analisis) yaitu memberikan makna terhadap data-data yang telah dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulannya oleh penulis berdasarkan teori-teori yang ada. Kemudian pengumpulan datanya dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Dan penelitian ini merupakan kategori penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi buku bahasa Arab Muqarrar Al-lughah Al-'Arabiyah untuk kelas I Madrasah Aliyah Muallimin Muhammadiyah belum sesuai dengan konsep teori CTL (Contextual Teaching and Learning), yaitu terlihat dari ketidak sesuaian antara materi dengan prinsip-prinsip pendekatan kontekstual. div PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pelajaran Bahasa Arab KW - Materi Pembelajaran KW - Buku Bahasa Arab M1 - skripsi TI - MATERI PELAJARAN BUKU BAHASA ARAB MUQARRAR AL-LUGHAH AL-ARABIYAH UNTUK KELAS I MA MUALLIMIN MUHAMMADIYAH AV - restricted EP - 75 ER -