<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL )"^^ . "Jumhur ulama’ sepakat bahwa perbedaan qirā’at yang berkaitan dengan\r\nsubstansi lafaẓ kadangkala menimbulkan perbedaan makna, sementara perbedaan\r\nqirā’at yang berkaitan dengan lahjat atau dialek kebahasaan, tidak menimbulkan\r\nadanya perbedaan makna. Paling tidak, hal inilah yang membuat para mufassir\r\nklasik semisal Ibnu Kaṡīr, al-Ṭabari, al-Qurṭubī, Abū Ḥayyān dan juga al-\r\nZamakhsyarī menggunakan qira’at dalam menafsirkan al-Qur’ān sebagai ‘alat\r\nbantu’ atau sebagai pisau analisis dalam memberikan pemahaman dan penafsiran\r\nayat-ayat al-Qur’ān. Kitab tafsir Al-Kasysyāf ‘An Ḥaqqā’iq Al-Tanzīl Wa al-\r\n‘Uyūn Al-‘Aqāwīl Fī Wujūh Al-Ta’wīl karya al-Zamakhsyarī ini merupakan\r\nsebuah kitab tafsir yang mengungkap rahasia balāgah al-Qur’ān dan menyingkap\r\nsegi i’jaznya. Al-Zamakhsyarī dalam tafsirnya ini kerapkali menguraikan suatu\r\nkalimat dalam ayat-ayat al-Qur’ān dari segi kebahasaan, begitu juga dalam\r\nmengakumulasi qirā’at-qirā’at yang ada.\r\nKajian dalam skripsi ini difokuskan pada penggunaan dan pengaruh qirā’at\r\ndalam penafsiran ayat-ayat teologis saja, hal ini dirasa perlu selain al-Zamakhsyarī\r\nsebagai orang ternama di kalangan mu’tzilah yang tentu memiliki otoritas dalam\r\nperannya sebagai ‘pendekar’ kaum mu’tazilah, juga dimana masalah teologi atau\r\nilmu kalam merupakan area perdebatan yang panjang dan bahkan tidak akan dapat\r\nterselesaikan antara dua kelompok besar dalam Islam; Sunni dan Mu’tazilah.\r\nAdapaun metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah deskriptif;\r\npenelitian yang menuturkan, menganalisis, mengklasifikasikan serta meliputi\r\nanalisis dan interpretasi data. Sedangkan pendekatan historis digunakan untuk\r\nmelihat kembali latar belakang penulis kitab, al-Zamakhsyarī. Pendekatan ini juga\r\nakan membantu untuk menganalisa sejarah pertumbuhan dan perkembangan dari\r\nqirā’at. Hal ini terutama untuk mengetahui konstruk pemikiran al-Zamakhsyarī,\r\nterutama mengenai sikapnya dalam menggunakan suatu qirā’at dalam\r\nmenafsirkan al-Qur’ān.\r\nAl-Zamakhsyarī dalam menggunakan qirā’at untuk menafsirkan al-Qur’ān\r\nterkadang memperhatikan kwalitas qirā’at yang ia kutip namun juga ditemukan\r\ndalam beberapa tempat ia mengabaikan sisi kwaliatas tersebut. Hal ini dapat\r\ndipahami bahwa dalam pemilihan qirā’at tersebut al-Zamakhsyari lebih memilih\r\njenis qirā’at yang lebih menunjang pada penafsirannya. Penulis di sini\r\nberkesimpulan dalam menafsirkan ayat-ayar teologi, di banyak tempat al-\r\nZamakhsyarī mencantumkan qirā’at di luar imam yang disepakati umat Islam\r\npada umumnya seperti qirā’at sab’ah ,‘Asyrah dan Arba’a ‘Asyrah. Kemudian\r\nQirā’at dalam penafsiran al-Zamakhsyarī terhadap ayat teologis menurut penulis\r\nmemiliki dua fungsi yakni Pertama; sebagai tambahan informasi semata; dalam\r\npencantumannya tanpa adanya analisis lebih jauh terhadap perubahan makna yang\r\nada. Kedua; sebagai alternatif pemaknaan al-Qur’ān, dalam artian sudah pada\r\ntahap analisa kebahasaan dan lebih memberikan pembahasan pada perubahan\r\nmakna yang terjadi. Namun demikian usaha yang dilakukan al-Zamakhsyarī\r\ndalam mencari kedalaman dan keluasan makna ayat-ayat al-Qur’ān lewat\r\nkaryanya ini perlu mendapat apresiasi paling tidak membantu pengembangan\r\nstudi Islam khususnya dalam bidang Ulūm al-Qur’ān dan Tafsirnya."^^ . "2011-03-10" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07530069"^^ . "Salimudin"^^ . "NIM.: 07530069 Salimudin"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL ) (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL ) (Text)"^^ . . . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL ) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL ) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL ) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL ) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL ) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL ) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL ) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL ) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62553 \n\nPENGGUNAAN QIRA’AT DALAM PENAFSIRAN AYAT-AYAT TEOLOGIS (STUDI ATAS KITAB AL-KASYSYAF ‘AN ḤAQQA’IQ AL-TANZIL WA ‘UYŪN AL-‘AQAWIL FI WUJŪH AL-TA’WIL )\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .