@phdthesis{digilib62559, month = {March}, title = {AL MANHAJ AL-TARIKH FI AL-QIRA'AT AL-NAS AL-QUR'ANI 'INDA KHAFIL ABDUL KARIM; DIRASAT WASFIYYAT TAHLILIYYAT}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 07530064 Muhammad Makmun}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M. Ag.}, keywords = {Khalil Abdul Karim, Studi al-Qur?an, Al-Manhaj al-Tarikhi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62559/}, abstract = {Penelitian ini m engkaji m etodologi sejarah (al-m anhaj al-tarikhi) m enurut Khalil Abdul Karim dalam m engkaji teks al-Qur?an.Perm asalahan pokok yang akan dijawab adalah; pertam a, bagaim ana m etodologi sejarah Khalil Abdul Karim dalam m em aham i al-Qur?an? dan kedua, bagaim ana aplikasi m etodologi sejarah Khalil Abdul Karim dalam m em aham i al-Qur?an dan ketiga,bagaim ana im plikasi m etologi sejarah Khalil Abdul Karim dalam diskursus studi al-Qur?an?.Tem a ini penting untuk dibahas karena, pertam a hubungan al-Qur?an dengan sejarah sem arak dikaji dalam dunia akadem ik baik di dunia Islam m aupun diBarat.Kedua, fakta bahwa al- Qur?an secara keseluruhan adalah turun dalam bingkai sejarah sehingga ia tidak bisa dipaham i dengan m elupakan aspek kesejarahannya. Dipilihnya Khalil Abdul Karim dalam penelitian ini karena, pertam a, Ia adalah tokoh yang m engkaji sejarah Islam di era perdana term asuk kajian al-Qur?an dengan kritis. Kedua, Ia berpandangan bahwa al-Qur?an itu turun karena faktor pengaruh m asyarakatnya, sehingga turunnya al-Qur?an itu untuk m erespon kejadian dan peristiwa yang ada di waktu turunnya. Penelitian ini dilakukan dengan m enggunakan pendekatan hisrtorisherm eneutis. Pendekatan historis digunakan untuk m engetahui perkem bangan pem ikiran Khalil Abdul Karim dan im plikasi pem ikirannya dalam studi al-Qur?an. Adapun pendekatan herm eneutis digunakan untuk m engetahui struktur dasar m etodologi sejarahnya dalam m em aham i al-Qur?an. Hasil penelitian ini berupa: pertam a, m etodologi sejarah Khalil Abdul Karim dibangun dari m etodologi sejarah yang dipakai oleh ulam a?-ulam a? terdahulu yakni sabab al-nuzul dan naskh. Nam un tidak berhenti di sana, Khalil Abdul Karim m em bangun m etodologinya dengan sejarah sosial, politik, dan peradaban yang ada di saat m unculnya teks al-Qur?an. Khalil Abdul Karim m elihat bahwa sem ua ayat al-Qur?an m em liki sabab al-nuzul, sehingga Khalil tidak m enerim a kaidah al-?ibrat bi ?um um al-lafzlabi khusus al-sabab dalam m em aham i al-Qur?an m elainkan ia m enggunakan kaidah al-?ibrat bi khusus al-sabab la bi ?um um al-lafz.Adapun naskh m enurut Khalil Abdul Karim adalah hukum yang m uncul dalam waktu tertentu, kem udian seiring dengan perubahan keadaan nam pak bahwa hukum tersebut jika diteruskan akan m enjum pai sebuah kesulitan sehingga datanglah teks baru yang m enggantinya dan dengan hukum baru yang m em bawa solusi. Kedua, dalam dataran aplikasi, Khalil Abdul Karim konsisten dalam m engaplikasikan m etodologinya karena ia m enggunakan sabab al-nuzuldan naskh, nam un ia sedikit tidak m em berikan porsi yang lebih dalam m engaplikasikan m etode naskh. Ketiga, m etodologi Khalil Abdul Karim ini berim plikasi pada, m enem patkan teks al-Qur?an sebagai teks historis dan dialektis. Kedua, m em bedakan m ushaf ?usm anidan al-Qur?an yang dihafal dan dijaga oleh para sahabat dalam hafalannya.Ketiga, berbeda dari m ainstream yang berkem bang di kalangan ulam a? bahwa al-Qur?an sebagian turun tanpa sebab (ibtida?an) dan sebagian lainnya turun karena sebab tertentu, nam un Khalil Abdul Karim m elihat bahwa al-Qur?an sem uanya turun karena se} }