TY - THES N1 - Pembimbing: Denisa Apriliawati, S.Psi., M.Res. ID - digilib62565 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62565/ A1 - Bhanu Argani Widyatna, NIM: 17107010088 Y1 - 2023/08/11/ N2 - Perilaku agresi verbal pada pemain game online merupakan suatu fenomena yang mudah di temui dan sering kali dianggap wajar, terkhusus oleh kalangan remaja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain game online dan perilaku agresi verbal pada remaja. Subjek pada penelitian ini berjumlah 76 remaja yang berdomisili Yogyakarta, dan gemar bermain game online bernama Mobile Legend: Bang Bang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan penentuan ukuran minimal sampel menggunakan software G-Power. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Verbal Aggressiveness Scale (VAS) yang dikembangkan oleh Infante dan Wigley (1986) untuk mengukur perilaku agresi verbal dan skala intensitas bermain game online dikonstruksi peneliti berdasarkan teori dari Chaplin (2010). Analisis data yang dipakai pada penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Perhitungan analisis regresi linier menghasilkan nilai F sebesar 6.247 dengan nilai p (signifikansi) sebesar 0.015, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara intensitas bermain game online dan perilaku agresi verbal. Adapun nilai sumbangan efektif intensitas bermain game online terhadap perilaku agresi verbal adalah sebesar 7.8% sedangkan 92.2% lainya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil ini menunjukkan bahwa intensitas bermain game online memberikan sumbangan terhadap kecenderungan perilaku agresi verbal. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - perilaku agresi verbal KW - intensitas bermain game online KW - Mobile Legend M1 - skripsi TI - HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DAN PERILAKU AGRESI VERBAL REMAJA AV - restricted EP - 130 ER -