<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB"^^ . "Skripsi ini berjudul “Penafsiran jahalah dan berbagai bentuknya dalam al-\r\nQur’an menurut Al-Maragi, Sayyid Quthb dan Quraish Shihab”. Topik ini\r\npenulis angkat karena dalam perjalanan kehidupan manusia kebodohan\r\nmerupakan salah satu permasalahan manusia yang harus dihadapi. Kebodohan\r\nsenantiasa bermuara pada kerusakan pola kehidupan di dalam masyarakat dalam\r\nsegala aspek, seperti dalam beribadah menjadikan tertolaknya amal, dalam\r\nkeyakinan dapat menjadikan musyrik dan dalam hukum dapat membawa pada hal\r\nyang haram. Kebodohan dalam bahasa arab disebut dengan jahalah, tersebut\r\ndidalam al-Qur’an sebanyak 4 kali, dan dengan bentuk perubahannya sebanyak\r\n20 kali. Diantara sekian banyak mufassir, penulis memilih Al-Maragi, Sayyid\r\nQuthb dan Quraish Shihab, karena ketiga mufassir mempunyai kelebihan masingmasing.\r\nAl-Maragi dengan ma’na ijmali dan ma’na tahlili. Kemudian Sayyid\r\nQuthb dengan keindahan bahasanya. Dan Quraish Shihab dengan penafsirannya\r\nyang disesuaikan dengan konteks kekinian, khususnya Indonesia.\r\nPermasalahan yang ingin ditemukan jawabannya melaui penelitian ini\r\nadalah apa makna kata jahalah dan bentuk perubahannya yang terdapat dalam al-\r\nQur’an menurut Al-Maragi, Sayyid Quthb dan Quraish Shihab?. Dan apakah ada\r\nperbedaan pemanknaan diantara mereka, peneliti menggunakan metode\r\npenafsiran maud}ui (tematik), yaitu upaya memahami al-Qur’an dengan\r\nmemfokuskan pada tema yang telah ditetapkan, serta menggunakan metode\r\nanalisis perbandingan, untuk mengetahui perbedaan-perbedaan pemaknaan\r\ndiantara ketiga mufassir.\r\nDari penelitian ini, maka diperoleh kesimpulan bahwa, jahalah menurut\r\nketiga mufassir secara umum adalah perbuatan dosa atau perbuatan jahat yang\r\ndilakukan manusia secara sengaja atau tidak karena didorong oleh hawa nafsu,\r\nsyahwat, kepentingan diri sendiri, maupun kesombongannya ataupun sikap\r\npenolakan. Yang pertama menurut Al-Maragi jahalah yang terekam dalam al-\r\nQur’an lebih banyak dilakukan seseorang dengan sengaja karena sikap\r\npenentangan atau penolakan terhadap suatu kebenaran. Yang kedua menurut\r\nSayyid Quthb jahalah lebih banyak dilakukan seseorang karena mendahulukan\r\nkepentingan pribadi atau mempertahankan sifat angkuhnya. Adapun yang ketiga\r\nmenurut Quraish Shihab jahalah itu dilakukan seseorang karena kecerobohannya,\r\nyakni dia telah mengetahui bahwa yang dilakukannya itu salah, akan tetapi dia\r\ntetap melakukannya."^^ . "2011-01-25" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 06530001"^^ . "Imarotul Ulya"^^ . "NIM.: 06530001 Imarotul Ulya"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB (Text)"^^ . . . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN KATA JAHALLAH\r\nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN\r\nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62569 \n\nPENAFSIRAN KATA JAHALLAH \nDAN BERBAGAI MACAM BENTUKNYA DALAM AL-QUR’AN \nMENURUT AL-MARAGGI, SAYYID QUTHB DAN QURAISH SHIHAB\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .