eprintid: 62592 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/25/92 datestamp: 2023-12-29 03:19:44 lastmod: 2023-12-29 03:19:44 status_changed: 2023-12-29 03:19:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nafa Salsabila Santosa, NIM.: 19107020039 title: PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA TERHADAP JASA E-COMMERCE SHOPEE ispublished: pub subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: kepuasan konsumen; perlindungan konsumen; belanja;, shopee note: Pembimbing: Napsiah S.Sos., M.Si. abstract: Kesibukan mahasiswa dalam kegiatan kuliah mendorong mereka menggunakan Shopee sebagai solusi untuk kebutuhan hidup. Mahasiswa aktif di Shopee karena keterjangkauan, kemudahan bertransaksi, dan pilihan produk. Kesibukan membuat mereka sensitif terhadap kualitas dan efisiensi, membentuk persepsi terhadap platform. Pemahaman latar belakang ini memberi wawasan pada e-commerce untuk tingkatkan pengalaman belanja, atasi masalah, dan optimalisasi demi kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan mendapatkan responden sebanyak 91 responden dari 18.413 mahasiswa, dihasilkan menggunakan rumus Slovin dengan nilai akurasi sebesar 10%. Penelitian ini fokus pada persepsi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga terhadap penggunaan E-commerce shopee. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online menggunakan Google Form. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala Likert. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis deskriptif digunakan untuk menyajikan informasi statistik tentang data, dan uji asumsi dilakukan untuk memeriksa normalitas dan linieritas data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap e-commerce shopee berhubungan secara signifikan dengan kepuasan penggunaannya. Adanya Jasa E-commerce shopee dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa sebesar 0.467 atau 46.7% dan 53.3% dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian ini. Dengan nilai interval koefisien sebesar 0.683, dimana hal ini menunjukan adanya tingkat hubungan yang kuat antar kedua variabel. Maka dapat disimpulkan, mahasiswa umumnya merasa puas dengan fitur inovatif dan kemudahan akses yang ditawarkan oleh Shopee. Namun, terdapat konsekuensi negatif seperti konsumerisme berlebihan, risiko kesenjangan sosial, dan dampak lingkungan. date: 2023-08-02 date_type: published pages: 133 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nafa Salsabila Santosa, NIM.: 19107020039 (2023) PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA TERHADAP JASA E-COMMERCE SHOPEE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62592/1/19107020039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62592/2/19107020039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf