?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=https%3A%2F%2Fdigilib.uin-suka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F62613%2F&rft.title=Penanaman+Nilai-nilai+Religiusitas+Peserta+Didik+Melalui+Pembelajaran+Sejarah+Kebudayaan+Islam+Di+MAN+2+Sleman+Yogyakarta&rft.creator=Hendri+Sugianto%2C+-&rft.creator=Usman%2C+-&rft.subject=Pendidikan+Agama+Islam&rft.subject=HAKI+-+Hak+Kekayaan+Intelektual&rft.subject=Kebudayaan+Islam&rft.description=Penelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+mulai+rusaknya+tatanan+nilai+moral+keagamaan+di+kalangan+remaja+baik+dilingkungan+sekolah+maupun+di+tengah-tengah+masyarakat.+Seperti+yang+terjadi+di+MAN+2+Sleman+dijumpai+sebagian+peserta+didiknya+berani+melawan+gurunya%2C+tidak+hormat+kepada+gurunya%2C+mencoret+tembok+sekolahan.serta+juga+dalam+pembelajaran+SKI+yang+metodenya+dilakukan+oleh+guru+selalu+bersifat+monoton+yakni+hanya+menggunakan+metode+ceramah%2C+bercerita+sehingga+membuat+peserta+didik+cepat+bosan+didalam+proses+pembelajaran%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+bagaimana+proses+pembelajaran+SKI+dalam+menanamkan+nilai-nilai+religiusitas+peserta+didik+di+Madrasah+Aliyah+Negeri+2+Sleman.+Untuk+mengetahui+bagaimana+upaya+atau+strategi+yang+dilakukan+oleh+para+guru+di+sekolah+maupun+guru+mata+pelajaran+sejarah+kebudayaan+Islam+dalam+menanamkan+nilai-nilai+religiusitas+peserta+didik%2C+serta+untuk+mengetahui+bagaimana+hasil+penanaman+nilai-nilai+religiusitas+peserta+didik.%0D%0AJenis+penelitian+ini+adalah+penelitian+lapangan+dengan+pendekatan+kualitatif+yang+dilakukan+secara+langsung+di+tempat+penelitian.+Teknik+yang+digunakan+peneliti+dalam+pengumpulan+data+adalah+metode+observasi%2C+wawancara+mendalam%2Cserta+dokumentasi.+Sedangakan+analisis+menggunakan+analisis+deskriptif+dengan+mendeskripsikan+penanaman+nilai-nilai+religiusitas+peserta+didik+melalui+pembelajaran+sejarah+kebudayaan+Islam+di+Madrasah+Aliyah+Negeri+2+Sleman+Yogyakarta.%0D%0AHasil+dari+penelitian+ini+adalah%3A+1)+Proses+pembelajaran+SKI+yaitu+dengan+cara+guru+menyiapkan+RPP+atau+tujuan+pembelajaran+serta+menggunakan+metode+debat+aktif%2C+metode+peer+lesson%2C+dan+metode+ceramah.+2)+strategi+guru+dalam+menanamkan+nilai-nilai+religius+siswa+seperti+strategi+pendidikan+dengan+keteladanan%2C+pendidikan+dengan+adat+kebiasaan%2C+pendidikan+dengan+nasehat%2C+pendidikan+dengan+memberikan+perhatian+pendidikan+dengan+hukuman%2C+meneladani+para+tokoh+sejarah.+3)+hasil+dari+strategi+penanaman+nilai-nilai+religius+adalah+menambah+keimanan+peserta+didik%2C+menumbuhkan+ketakwaan+peserta+didik%2C+peserta+didik+istiqomah+dalam+beribadah%2C+menumbuhkan+rasa+cinta+terhadap+agamanya%2C+tanggung+jawab+dan+peduli+lingkungan%2C+menjadikan+peserta+didik+tawaduk%2C+serta+siswa+mampu+membentengi+dirinya+dari+pengaruh+negatif.&rft.publisher=Fakultas+Ilmu+Tarbiyah+dan+Keguruan+UIN+Sunan+Kalijaga+Yogyakarta&rft.date=2022&rft.type=Monograph&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=id&rft.identifier=https%3A%2F%2Fdigilib.uin-suka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F62613%2F1%2FSERTIFIKAT%2520HAKI%2520%2526%2520NASKAH%2520Penanaman%2520Nilai-nilai%2520Religiusitas%2520Peserta%2520Didik%2520Melalui%2520P.pdf&rft.format=text&rft.language=id&rft.identifier=https%3A%2F%2Fdigilib.uin-suka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F62613%2F2%2Fsurat-surat-pernyataan1703804582.pdf&rft.identifier=++Hendri+Sugianto%2C+-+and+Usman%2C+-++(2022)+Penanaman+Nilai-nilai+Religiusitas+Peserta+Didik+Melalui+Pembelajaran+Sejarah+Kebudayaan+Islam+Di+MAN+2+Sleman+Yogyakarta.++Project+Report.+Fakultas+Ilmu+Tarbiyah+dan+Keguruan+UIN+Sunan+Kalijaga+Yogyakarta%2C+Yogyakarta.+++++