TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Erika Setyanti Kusuma Putri, S.Psi, M.Si. 2. Zidni Immawan M, S.Psi, M.Si. ID - digilib6269 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6269/ A1 - ADENI MARIYANI , NIM. 05710005 Y1 - 2015/01/28/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel tergantung yaitu prestasi belajar matematika dengan variabel bebas yaitu sikap siswa terhadap pelajaran matematika. Subjek penelitian adalah siswa SMK N I Pandak Bantul Yogyakarta dengan jumlah subjek sebanyak 52 subjek. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara sikap siswa terhadap pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMK N I Pandak Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan skala sikap terhadap pelajaran matematiaka dan nilai raport. Analisis data dengan menggunakan teknik korelasi dari product moment dengan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara sikap siswa kelas XI SMK N I Pandak bantul Yogyakarta terhadap pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan koefesien korelasi (r) sebesar 0,374 dengan p = 0,006 (p 0,01) hal ini berarti hipotesis diterima. Koefesien determinasi (r2) menunjukan angka sebesar 0.140 yang artinya bahwa sikap siswa kelas XI SMK N I Pandak Bantul Yogyakarta terhadap pelajaran matematika memberikan sumbangan sebesar 14,0 % terhadap prestasi belajar matematika. sedangkan sebanyak 86,0% adalah pengaruh faktor lainnya. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Prestasi belajar matematika KW - sikap siswa terhadap pelajaran matematika. M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMK N AV - restricted ER -