eprintid: 6270 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/62/70 datestamp: 2023-11-03 04:14:21 lastmod: 2023-11-03 04:15:55 status_changed: 2012-05-04 16:49:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dina Zanuarita, NIM.: 07480025 title: PENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Strategi Bowling Kampus , Pembelajaran IPS, Motivasi Belajar note: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd. abstract: ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah: kurangnya motivasi dan keaktifan belajar IPS siswa kelas III A MIN Jejeran Bantul, karena guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas III A MIN Jejeran Bantul sebelum penerapan strategi bowling kampus. (2). Bagaimana pelaksanaan penerapan strategi bowling kampus pada pembelajaran IPS di kelas III A MIN Jejeran. (3) Seberapa besar peningkatan motivasi dan keaktifan belajar IPS siswa kelas III A MIN Jejeran Bantul setelah penerapan strategi bowling kampus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A MIN Jejeran Bantul yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi bowling kampus. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang mana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, angket motivasi dan keaktifan belajar siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, serta dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah : (1) Langkah-langkah strategi bowling kampus adalah: a). Pembagian kelompok dan kartu indeks b). Belajar Kelompok c).Pemberian Kuis d). Pemberian Penghargaan. (2) Motivasi belajar siswa meningkat dengan kriteria baik dengan perolehan persentase 73,45% pada pra tindakan naik menjadi 80,60% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II. (3) Keaktifan belajar siswa meningkat dengan perolehan persentase 69,17% pada pra tindakan naik menjadi 77,38% pada siklus I dan 79,05% pada siklus II. div date: 2011-07-25 date_type: published pages: 197 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-07-25 15:31:08 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--dinazanuar-6270-1-dinazan-..pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/126/digilib-uinsuka--dinazanuar-6270-1-dinazan-..pdf ; url download server lama : /download.php?id=6933 ; nama file lama : DINA ZANUARITA - NIM. 07480025 PENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISW ; format file : application/pdf ; besar file : 1324401 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-07-25 15:31:08 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--dinazanuar-6270-1-dinazan-..pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/126/digilib-uinsuka--dinazanuar-6270-1-dinazan-..pdf ; url download server lama : /download.php?id=6933 ; nama file lama : DINA ZANUARITA - NIM. 07480025 PENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISW ; format file : application/pdf ; besar file : 1324401 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Dina Zanuarita, NIM.: 07480025 (2011) PENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6270/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6270/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%C2%B7.pdf