<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE)"^^ . "Objek material pada penelitian ini adalah syair yang berjudul Aṭ-Ṭalāsim\r\nkarya Iliyā Abū Māḍī, sedangkan yang menjadi objek formalnya adalah kesatuan\r\nmakna, dan adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotik\r\nRiffaterre. Dalam semiotiknya, menggunakan dua level pembacaan, yaitu\r\nheuristik (pembacaan berdasarkan tingkat mimetis, berdasarkan arti kamus) dan\r\nhermeneutik (pembacaan proses pada level kedua dengan mencari matriks,\r\nmodel, dan hipogram). Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam\r\nsyair Aṭ-Ṭalāsim dalam pembacaan heuristik masih tersebar, belum memusat.\r\nDalam pembacaan hermeneutik, penyair menyampaikan pemikirannya tentang\r\nsebuah teka teki yang mengajak pembaca untuk berfikir tentang ungkpan\r\npertanyaan yang diucapkan oleh penyair. Adapun matriks yang didapatkan oleh\r\npenulis adalah “nilai-nilai kebenaran”. Menurut hemat penulis, dalam syair Aṭ-\r\nṬalāsim manusia memerlukan pilihan yang tepat, agar jalan hidup manusia bisa\r\nmengarah pada nilai-nilai kebenaran. Model dalam bait syair Aṭ-Ṭalāsim\r\nterdapat dalam dua kalimat yang berbunyi “walaqod abṣortu” dan “wa lī yā\r\nbaḥru aqlin” yang artinya ungkapan penyair tentang akal yang dimiliki manusia,\r\nsebagai unsur pembeda dengan makhluk lainnya. Akal tersebut digunakan untuk\r\nmencari jalan kebenaran. Hipogram aktual yang menjadi latar belakang\r\nterbentuknya matrik ini adalah pemikiran filsafat aliran rasionalisme. Menurut\r\nkaum rasionalisme, sumber pengetahuan manusia didasarkan pada ide bawaan\r\n(innate idea) yang dibawa oleh manusia sejak lahir. Ide bawaan tersebut terbagi\r\nmenjadi tiga bagian, yaitu; Pertama, pemikiran (cogitans), bahwa secara fitrah\r\nmanusia membawa ide bawaan yang sadar pada dirinya adalah makhluk yang\r\nberfikir. Kedua, Allah (deus), manusia secara fitrah memiliki ide tantang suatu\r\nwujud yang sempurna, dan wujud yang sempurna tersebut tidak lain adalah\r\nTuhan. Ketiga, keluasan (extensia), yaitu ide bawaan manusia, materi yang\r\nmemiliki keluasan dalam ruang."^^ . "2022-11-21" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 20201012005"^^ . "Lalu Muhamad Rusdi Fahrizal"^^ . "NIM.: 20201012005 Lalu Muhamad Rusdi Fahrizal"^^ . . . . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE) (Text)"^^ . . . . . "20201012005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE) (Text)"^^ . . . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62707 \n\nKESATUAN MAKNA DALAM PUISI AT-TALASIM KARYA ILIYA ABU MADI (ANALISIS SEMIOTIK RIFFATERRE)\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa Arab"@en . .