@phdthesis{digilib6272, month = {July}, title = {PEMBELAJARAN IQRO' SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI SEYEGAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 07420031 Dwi Ariyanti Juari}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Dr.H.A. Janan Asifudin, M.A.}, keywords = {Keterampilan Membaca, Bahasa Arab, Pemebelajaran Iqro'}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6272/}, abstract = {ABSTRAK Pembelajaran merupakan aktualisasi dari kurikulum, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kurikulum pembelajaran Iqro', serta implementasi dan peranan pembelajaran Iqro' terhadap kemahiran membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs N Seyegan.Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi atau tempat penelitian di MTs N Seyegan, yang mana pembelajaran bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib disekolah tersebut. Penelitian merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan cara berfikir induktif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari data itulah diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Iqro' di MTs N Seyegan terdiri atas pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler.Dan pembelajaran Iqro' dapat berperan dalam pembelajaran bahasa Arab, yaitu memberi kemudahan bagi siswa untuk membaca bahasa Arab. Sehingga kemampuan membaca bahasa Arab siswa mengalami peningkatan. Ini merupakan tujuan sekolah memasukkan pembelajaran Iqro' kedalam mata pelajaran intrakurikuler, yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa. Kurikulum pembelajaran Iqro' dalam intrakurikuler tidaklah berdiri sendiri melainkan bagian dari kurikulum Pendidikan Agama Islam, yang dilaksanakan 2x40 menit perminggu yang diwajibkan untuk kelas VII dan III. Sedangkan untuk ekstrakurikuler hanya diwajibkan untuk kelas VII, yang dilaksanakan 1x setiap minggunya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada kurikulum khusus untuk pembela jaran Iqro' dan pembelajaran Iqro' di MTs N Seyegan dapat berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa. div} }