eprintid: 6272 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/62/72 datestamp: 2023-11-03 04:11:16 lastmod: 2023-11-03 04:13:41 status_changed: 2012-05-04 16:49:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dwi Ariyanti Juari, NIM.: 07420031 title: PEMBELAJARAN IQRO' SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI SEYEGAN ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Keterampilan Membaca, Bahasa Arab, Pemebelajaran Iqro' note: Pembimbing: Dr.H.A. Janan Asifudin, M.A. abstract: ABSTRAK Pembelajaran merupakan aktualisasi dari kurikulum, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kurikulum pembelajaran Iqro', serta implementasi dan peranan pembelajaran Iqro' terhadap kemahiran membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs N Seyegan.Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi atau tempat penelitian di MTs N Seyegan, yang mana pembelajaran bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib disekolah tersebut. Penelitian merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan cara berfikir induktif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari data itulah diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Iqro' di MTs N Seyegan terdiri atas pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler.Dan pembelajaran Iqro' dapat berperan dalam pembelajaran bahasa Arab, yaitu memberi kemudahan bagi siswa untuk membaca bahasa Arab. Sehingga kemampuan membaca bahasa Arab siswa mengalami peningkatan. Ini merupakan tujuan sekolah memasukkan pembelajaran Iqro' kedalam mata pelajaran intrakurikuler, yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa. Kurikulum pembelajaran Iqro' dalam intrakurikuler tidaklah berdiri sendiri melainkan bagian dari kurikulum Pendidikan Agama Islam, yang dilaksanakan 2x40 menit perminggu yang diwajibkan untuk kelas VII dan III. Sedangkan untuk ekstrakurikuler hanya diwajibkan untuk kelas VII, yang dilaksanakan 1x setiap minggunya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada kurikulum khusus untuk pembela jaran Iqro' dan pembelajaran Iqro' di MTs N Seyegan dapat berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa. div date: 2011-07-25 date_type: published pages: 150 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-07-25 15:58:01 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--dwiariyant-6272-1-dwiariy-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/126/digilib-uinsuka--dwiariyant-6272-1-dwiariy-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6935 ; nama file lama : DWI ARIYANTI JUARI - NIM. 07420031 PEMBELAJARAN IQRO' SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI SEYEGAN ; format file : application/pdf ; besar file : 1778558 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-07-25 15:58:01 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--dwiariyant-6272-1-dwiariy-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/126/digilib-uinsuka--dwiariyant-6272-1-dwiariy-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6935 ; nama file lama : DWI ARIYANTI JUARI - NIM. 07420031 PEMBELAJARAN IQRO' SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI SEYEGAN ; format file : application/pdf ; besar file : 1778558 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Dwi Ariyanti Juari, NIM.: 07420031 (2011) PEMBELAJARAN IQRO' SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI SEYEGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6272/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6272/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf