eprintid: 6274 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/62/74 datestamp: 2023-11-03 04:03:22 lastmod: 2023-11-03 04:07:10 status_changed: 2012-05-04 16:49:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Edi Susanto, NIM.: 06410076 title: UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI-IA SMA UII BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing: Drs. Muh. Fuad abstract: ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa dalam pendidikan agama islam. Siswa sering kurang siap dalam menerima materi pelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan selama ini pun lebih menekankan pada suatu pengetahuan yang harus dihafal. Dimana guru sebagai salah satu sumber utama pengetahuan tanpa melibatkan pengalaman yang dimiliki peserta didik dalam pembelajaran. Untuk itu, diperlukan sebuah strategi belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan memberdayakan peserta didik yaitu sebuah strategi yang tidak mengharuskan siswa menghafal, tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan dalam diri mereka sendiri. Peneliti juga melihat hal tersebut terjadi di SMA UII, sehingga peneliti berkolaborasi dengan guru PAI di SMA UII mencoba menerapkan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya siswa kelas XI-IA SMA UII Banguntapan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pendekatan kontekstual pada proses pembelajaran PAI dan Bagaiman penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas XI-A di SMA UII Banguntapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam dua siklus dan dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian: (1) Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Yogakarta dilakukan berdasarkan tujuh prinsip pembelajaran kontekstual yaitu:kotruktivisme, menemukan (inquiry), bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian nyata. (2) Penerapan pendekatan kontekstual (contektual teaching and learning) dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran PAI kelasa XI-IA SMA UII Banguntapan yaitu adanya peningkatan skor rata-rata 3,7142 dari rata-rata 97,1429 pada siklus I menjadi 100,8571 pada siklus II. Selain pada standar deviasi juga mengalami peningkatan sebesar 6,689 yaitu dari 8,2494 pada siklus I menjadi 14,9389 pada siklus II. div date: 2011-07-26 date_type: published pages: 209 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-07-26 09:28:09 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--edisusanto-6274-1-edisusa-..pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/126/digilib-uinsuka--edisusanto-6274-1-edisusa-..pdf ; url download server lama : /download.php?id=6937 ; nama file lama : EDI SUSANTO - NIM. 06410076 UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA APE ; format file : application/pdf ; besar file : 1622976 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-07-26 09:28:09 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--edisusanto-6274-1-edisusa-..pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/126/digilib-uinsuka--edisusanto-6274-1-edisusa-..pdf ; url download server lama : /download.php?id=6937 ; nama file lama : EDI SUSANTO - NIM. 06410076 UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA APE ; format file : application/pdf ; besar file : 1622976 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Edi Susanto, NIM.: 06410076 (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI-IA SMA UII BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6274/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6274/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf