%0 Thesis %9 Skripsi %A Septina Rohmah, NIM.: 18102030008 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2023 %F digilib:62831 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K UMKM; peningkatan pendapatan; ShopeeFood %P 89 %T PEMANFAATAN SHOPEEFOOD UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MAKANAN DI KALURAHAN MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62831/ %X Pemberdayaan UMKM merupakan langkah awal untuk membangun kemandirian dalam menanggulangi kemiskinan serta mampu menciptakan lapangan perkerjaan. UMKM dapat tumbuh menjadi sektor yang tangguh dan berdaya saing. Dengan memperkuat UMKM, kita dapat menciptakan lapangan kerja, mengurangi disparitas ekonomi, dan mendorong kemakmuran bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Munculnya pandemi mengakibatkan UMKM mengalami penurunan baik pendapatan atau pun pelanggan. Hal ini ditandai dengan dibatasinya pergerakan masyarakat di luar rumah sehingga merubah gaya hidup masyarakat dari offline ke online. ShopeeFood muncul sebagai e-commerce yang memudahkan baik konsumen ataupun pelaku UMKM untuk membantu meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan ShopeeFood pada Peningkatan Pendapatan UMKM Makanan di Kalurahan Maguwoharjo. Adapun penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik kriteria. Informan dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM baik karyawan atau pemilik langsung. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya ShopeeFood dapat membantu UMKM dalam meningkatkan pendapatan, selain itu dapat meningkatkan popularitas serta memudahkan dalam pemasaran dan promosi penjualan. ShopeeFood membantu UMKM menjangkau konsumen lebih luas sehingga mampu meningkatkan popularitas UMKM yang berimbas pada meningkatnya pendapatan. %Z Pemmbimbing: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si