@phdthesis{digilib62875, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP AL-AZHAR CITANGKOLO BANJAR JAWA BARAT}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104020018 Latifah Adi Fajriyati}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.}, keywords = {Pengembangan, Media Pembelajaran, Word Square, Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62875/}, abstract = {Media pembelajaran Word Square adalah media pembelajaran yang menggunakan kotak-kotak berupa teka-teki silang sebagai alat untuk menyampaikan materi pembelajaran. Kotak-kotak yang telah disiapkan oleh guru akan diisi oleh peserta didik dengan cara mengarsir huruf-huruf yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang disiapkan guru. Maka dari itu, ada dua hal yang dibutuhkan dalam menggunakan media pembelajaran ini yaitu membuat kotak, dan pertanyaan untuk mengisi kotak. Media ini diharapkan dapat meningkatkan minat menghafal kosakata siswa. Banyak sedikitnya kosakata yang dikuasai oleh peserta didik akan sangat menentukan berhasil tidaknya penguasaan materi pelajaran secara keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R\&D (Reseach and Development), karena meliputi kegiatan penelitian dan pengembangan media Word Square untuk menghafal kosakata bahasa Arab kelas VIII SMP. Penelitian ini mengumpulkan data dengan beragam teknik, diantaranya yaitu teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data secara langsung dari obyek, begitu pula dengan dokumentasi. Sedangkan kuesioner dilakukan dalam penelitian ini sebagai penguat dalam triangulasi data dari beberapa metode di atas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengembangan kosakata bahasa Arab dan kualitas media pembelajaran Word Square sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Arab. Kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini mendapatkan skor rata-rata melalui validasi dari ahli media sebesar 3,23 dengan presentase keidealan 80\%, validasi dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,15 dengan presentase keidealan 79\%, dan penilaian guru bahasa Arab memperoleh skor rata-rata sebesar 3,69 dengan presentase keidealan 92\%. Uji coba produk dilakukan dengan dua tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil respon uji kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 87\% sedangkan untuk hasil respon uji coba kelompok besar mendapatkan hasil 84\%. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari respon siswa pada saat uji coba kelompok kecil maupun besar maka dapat dikatakan bahwa siswa setuju bahwa media pembelajaran Word Square dapat memudahkan dalam pembelajaran.} }