eprintid: 62877 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/28/77 datestamp: 2024-01-11 03:54:23 lastmod: 2024-01-11 03:54:23 status_changed: 2024-01-11 03:54:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ega Nur Haliza, NIM.: 18104030044 title: IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOSA KATA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA TRIMULYO SLEMAN ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_anak divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Perkembangan Bahasa, Kosa kata, Anak Usia Dini, Metode Bermain Peran note: Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M. Pd abstract: Bermain peran ialah pola penerimaan interaksi sosial dan memberikan kesempatan kepada anak supaya terlibat dalam aktivitas pembelajaran dengan aktif sehingga mereka mudah untuk melakukan komunikasi satu sama lain dengan berpura-pura atau berimajinasi. Perkembangan kosa kata merupakan tahap yang sangat penting di masa kanak-kanak. Permasalahan terlihat dipenelitian ini ialah pemahaman kosa kata anak kurang baik karena pendidik tidak memberi kesempatan pada anak untuk melakukan kegiatan tanya jawab atau mengungkapkan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui mengenai Implementasi metode bermain peran untuk mengembangkan kosa kata anak serta mempelajari indikator yang dapat mempengaruhi perkembangan kosa kata anak kelompok A di TK ABA Trimulyo, Sleman. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data ialah observasi, dokumentasi, serta wawancara. Cara pengumpulan data untuk penentuan subjek pada karya ini mengunakan cara (Purposive Sampling) yang menjadi subjek pada penelitian ini merupakan kepala sekolah, pendidik serta murid . Teknik pengujian validitas data yang digunakan triangulasi dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Penelitian tersebut telah memberikan data mengenai Implementasi metode bermain peran untuk mengembangkan kosa kata anak kelompok A di TK ABA Trimulyo Sleman berjalan dengan baik. Ini dilakukan ketika anak sudah mulai memahami gagasan atau pikiran yang di lakukan guru, anak merasa senang dan bersemangat ketika diajak bermain peran dan tidak membuat pembelajaran menjadi membosankan, dan setelah selesai kegiatan bermain peran, guru memberikan penguatan yang membuat anak dapat menambah kosa kata. Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi Implementasi metode bermain peran untuk mengembangkan kosa katanya antara lain : Faktor dukungan : (1)tenaga pendidik, (2) fasilitas sarana prasarana, dan (3) antusiasme peserta didik. Faktor penghambatnya : (1) kondisi peserta didik, (2) serta ruang kelas yang sempit. Dapat dikatakan bahwa perkembangan kosa kata anak kelompok A di TK ABA Trimulyo Sleman bisa berjalan dengan baik. date: 2023-10-09 date_type: published pages: 109 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ega Nur Haliza, NIM.: 18104030044 (2023) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOSA KATA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA TRIMULYO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62877/1/18104030044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62877/2/18104030044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf