%A NIM.: 18104030078 Saffira %O Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd %T STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK PADA KELOMPOK B1 DI TK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA 2022/2023 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak kelompok B1 yang memiliki kemandirian yang baik, hal ini tidak terlepas dari peran guru dalam membentuk strategi kemandirian pada kelompok B1 di TK Islam Terpadu Salsabilla Al- Muthi’in Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini kepala sekolah, guru dan murid kelompok B1 yang berusia 5-6 tahun berjumlah 29 murid. Teknik pengumpulan data keseluruhannya menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data menganut teori Miles dan Huberman yaitu (1) Kondensasi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian: (1) Strategi guru dalam mengembangkan kemandirian anak pada kelompok B1 di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in diantaranya: membuat peta konsep pembelajaran, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, guru memberikan stimulus, guru memberikan perilaku pembiasaan, guru memberikan apresiasi. (2)Bentuk kemandirian pada kelompok B1 di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in diantaranya: kemandirian emosi, kemandirian intelektual, kemandirian sosial (3)Faktor pendukung guru dalam mengembangkan kemandirian anak ialah pola asuh orang tua, sistem pendidikan, sistem masyarakat. Sedangkan, faktor penghambatnya ialah: pola asuh orang tua yang overprotective,lepas kontrol,keras, gamang dan pilihkasih. %K Strategi Guru, Perkembangan Anak, Kemandirian Anak %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib62880