eprintid: 62884 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/28/84 datestamp: 2024-01-11 04:35:45 lastmod: 2024-01-11 04:35:45 status_changed: 2024-01-11 04:35:45 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Salma Nur Wahyu Lestari, NIM.: 18104080077 title: PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III MI NURUL UMMAH PRENGGAN ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: mot_ivasi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Ice Breaking, Motivasi Belajar, Hasl Belajar note: Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd, Si abstract: Penelitian ini di latarbelakang i karena motivasi belajar siswa kelas III A di MI Nurul Ummah pada pembelajaran tematik masih tergolong rendah, sehingga hasil belajarnya pun kurang maksimal. Diantaranya masih banyak siswa yang kurang memperhatikan di saat guru menjelaskan materi pembelajaran dan siswa sering merasakan bosan saat proses pembelajaran berlangsung. Penerapan kegiatan ice breaking dapat membantu seorang guru menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan sebelum menyampaikan materi pembelajaran. Jika saat belajar siswa dalam suasana hati yang menyenangkan, maka mereka akan fokus, lebih mudah memahami dan menerima materi pembelajaran yang disampaikan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan ice breaking terhadap motivasi dan hasil belajar tematik siswa kelas III MI Nurul Ummah Prenggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-Experimental Design. Desain penelitian eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerapan ice breaking terhadap motivasi serta hasil belajar tematik pada siswa kelas III di MI Nurul Ummah. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji paired sample t-test pada variabel motivasi serta hasil belajar. Perolehan uji persial t-test pada variabel motivasi belajar diperoleh nilai sig 0,000<0,05. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar tematik siswa kelas III pada pembelajaran di MI Nurul Ummah. Kemudian pada variabel hasil belajar diperoleh nilai sig 0,000<0,5. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan penerapan ice breaking terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III pada pembelajaran di MI Nurul Ummah date: 2023-11-01 date_type: published pages: 173 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Salma Nur Wahyu Lestari, NIM.: 18104080077 (2023) PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III MI NURUL UMMAH PRENGGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62884/1/18104080077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62884/2/18104080077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf