@phdthesis{digilib62893, month = {September}, title = {KEPERCAYAAN DIRI SISWA DITINJAU DARI KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUHADHARAH MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA CIKARANG SELATAN BEKASI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104010016 Tiara Khaerani}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi, M.A.}, keywords = {Kepercayaan Diri, Keaktifan Siswa, Ektrakurikuler Muha{\d d}harah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62893/}, abstract = {Rasa percaya diri merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan kepribadian siswa. Membangun kepercayaan diri bagi siswa dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler muha{\d d}harah diidentikkan dengan kegiatan berbicara di depan umum untuk melatih dan mendidik mengembangkan kepercayaan dirinya. Namun pada kenyataannya di lapangan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler muha{\d d}harah bervariatif, terdapat siswa yang percaya diri dan kurang percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri siswa yang ditinjau dari keaktifan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler muhadaharah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, XII Madrasah Aliyah Nurul Huda Cikarang Bekali yang berjumlah 58 siswa. Subjek tersebut digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu siswa yang sangat aktif, aktif, dan tidak aktif dalam melakasanakan kegiatan muha{\d d}harah. Adapun metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji chi kuadrat. Peneliti melakukan uji coba instrument berupa validitas menggunakan Corrected Item-Total Correlation dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach?. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kepercayaan diri siswa ditinjau dari keaktifan dalam mengikuti ekstrakurikuler muha{\d d}harah Madrasah Aliyah Nurul Huda Cikarang Selatan Bekasi ({\ensuremath{\chi}}? = 43,45; p = 0,000; p {\ensuremath{<}} 0,05).} }