eprintid: 62893 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/28/93 datestamp: 2024-01-11 05:02:11 lastmod: 2024-01-11 05:02:11 status_changed: 2024-01-11 05:02:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Tiara Khaerani, NIM.: 19104010016 title: KEPERCAYAAN DIRI SISWA DITINJAU DARI KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUHADHARAH MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA CIKARANG SELATAN BEKASI ispublished: pub subjects: P subjects: ev_pend divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kepercayaan Diri, Keaktifan Siswa, Ektrakurikuler Muhaḍharah note: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi, M.A. abstract: Rasa percaya diri merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan kepribadian siswa. Membangun kepercayaan diri bagi siswa dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler muhaḍharah diidentikkan dengan kegiatan berbicara di depan umum untuk melatih dan mendidik mengembangkan kepercayaan dirinya. Namun pada kenyataannya di lapangan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler muhaḍharah bervariatif, terdapat siswa yang percaya diri dan kurang percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri siswa yang ditinjau dari keaktifan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler muhadaharah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, XII Madrasah Aliyah Nurul Huda Cikarang Bekali yang berjumlah 58 siswa. Subjek tersebut digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu siswa yang sangat aktif, aktif, dan tidak aktif dalam melakasanakan kegiatan muhaḍharah. Adapun metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji chi kuadrat. Peneliti melakukan uji coba instrument berupa validitas menggunakan Corrected Item-Total Correlation dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach’. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kepercayaan diri siswa ditinjau dari keaktifan dalam mengikuti ekstrakurikuler muhaḍharah Madrasah Aliyah Nurul Huda Cikarang Selatan Bekasi (χ² = 43,45; p = 0,000; p < 0,05). date: 2023-09-26 date_type: published pages: 122 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Tiara Khaerani, NIM.: 19104010016 (2023) KEPERCAYAAN DIRI SISWA DITINJAU DARI KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUHADHARAH MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA CIKARANG SELATAN BEKASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62893/1/19104010016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62893/2/19104010016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf