eprintid: 62905 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/29/05 datestamp: 2024-01-11 07:59:39 lastmod: 2024-01-11 07:59:39 status_changed: 2024-01-11 07:59:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Wanto, NIM.: 19104010125 title: INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI MTS MA’ARIF AL-FIKRI, SUKOHARJO, WONOSOBO ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Interaksi, Perilaku, Kepribadian, Guru PAI, Proses Pembelajaran note: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah adanya pengaruh yang ditimbulkan oleh interaksi dari segi perilaku dan kepribadian guru PAI dalam proses pembelajaran di MTs Ma’arif Al-Fikri, Sukoharjo, Wonosobo, bahwasannya tingkat motivasi belajar dan prestasi siswa salah satunya sangat dipengaruhi oleh perilaku guru, mengenai guru tersebut ketika mengajar di kelas, perlakuan guru terhadap setiap siswanya, dan kemampuan guru untuk dapat memberikan contoh yang baik terhadap siswanya. Dalam realita proses pembelajaran terkadang ketika perilaku seorang guru ini baik terhadap siswanya dalam suatu proses pembelajaran maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa pun ikut meningkat, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Penelitian ini bertempat di MTs Ma’arif Al-Fikri, Sukoharjo, Wonosobo. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Interaksi antara guru PAI dengan siswa bisa dikatakan sudah baik dan benar. Interaksi guru PAI dengan siswa termasuk kedalam pola interaksi multi arah. Guru PAI juga memiliki perilaku dan kepribadian yang baik, seperti baik hati penyayang, ramah, suka menolong disiplin dan lain sebagainya. Siswa-siswi MTs Ma’arif AL-Fikri, Sukoharjo, Wonosobo berpendapat bahwa guru PAI memiliki perilaku yang baik dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Dampak yang ditimbulkan dari interaksi guru PAI dengan siswa dalam proses pembelajaran di MTs Ma’arif AL-Fikri, Sukoharjo, Wonosobo yaitu, memberikan rasa senang dan nyaman ketika siswa diajar oleh guru PAI, dan juga meningkatkan motivasi belajar siswa. date: 2023-10-10 date_type: published pages: 174 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wanto, NIM.: 19104010125 (2023) INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI MTS MA’ARIF AL-FIKRI, SUKOHARJO, WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62905/1/19104010125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62905/2/19104010125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf