eprintid: 62910 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/29/10 datestamp: 2024-01-12 03:09:19 lastmod: 2024-01-12 03:09:19 status_changed: 2024-01-12 03:09:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Al Rofiq, NIM.: 19104020035 title: PENGARUH MODEL GAME INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA'ARIF DIPONEGORO GUWOSARI BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023 ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Game Interaktif, Kosakata, Pembelajaran Bahasa Arab note: Pembimbing: Drs. Dudung hamdun, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model game interaktif terhadap penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Diponegoro Guwosari Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Ekspriment dengan menggunakan jenis penelitian Pre Eksprimental One Group Pretest-Postest Design, metode ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dengan rancangan tes awal dan tes akhir pada satu kelompok . Populasi pada penelitian ini adalah Seluruh Siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Diponegoro Guwosari yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan jenis sampel (Non Probability sampling) dengan teknik Sampling Jenuh dimana semua anggota dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, dokumen, wawancara, tes awal dan tes akhir. Pengkajian instrumen menggunakan Uji Validasi dan Reabilitasi. Analisis dengan menggunakan statistik non-parametrik yaitu Uji Wilcoxon Signed Rank Tes dengan bantuan aplikasi SPSS versi25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengukuran Pre-Test diperoleh rata-rata sebesar 59.7, Post-Test sebesar 85.4 dan rata-rata keseluruhan 72.8 dengan nila i peningkatan sebesar 25.7 25.7. Uji Hipotesis diperoleh nilai Z = -3.953 dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) = .000 < 0.05. Hal ini berdasarkan hasil pengujian tes awal yang dilakukan sebelum penggunaan model Game Interaktif dan setelah penggunaan model Game Interaktif. artinya Terdapat pengaruh model Game Interaktif terhadap peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Diponegoro Guwosari Bantul Tahun Ajaran 2022/2023, sehingga “Ho ditolak dan Ha diterima”. date: 2023-10-26 date_type: published pages: 146 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Al Rofiq, NIM.: 19104020035 (2023) PENGARUH MODEL GAME INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA'ARIF DIPONEGORO GUWOSARI BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62910/1/19104020035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62910/2/19104020035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf