@phdthesis{digilib62913, month = {November}, title = {STUDI MORFOLOGI-SINTAKSIS JAM? AT-TAKS{\=I}R DALAM QS. AL-KAHFI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104020071 Afif Naufal Andrean Yuristira}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Maksudin, M.Ag}, keywords = {Jam? At-Taks{\=i}i, Surah al-Kahfi, Metode Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62913/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola jamak taksir dalam surah al-Kahfi serta metode pembelajaran yang relevan terhadap materi yang disajikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan data penelitian ini diperoleh melalui library research. Objek penelitian ini adalah Jama? taks{\=i}r yang terkandung dalam s{\=u}rah al-Kahfi. Sumber primer dalam penelitian ini adalah Al-Quran s{\=u}rah al-Kahfi sedangkan sumber skunder ialah kitab Jam{\=i}? ad-Dur{\=u}s al-?Arabiyyah serta buku maupun kitab yang berkaitan dengan bahasa Arab dan metode pembelajaran sebagai pendukung. Metode pengumpulan data yakni dokumentasi. Adapun Teknik analisis datanya menggunakan teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yakni melalui empat tahap antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan atau verifikasi. Berdasarkan kajian, menunjukkan bahwa dalam QS.Al-Kahfi terdapat 26 jamak taksir, yakni 8 berpola ? ? ? ? ? , 1 berwazan ? ? ? ? , 3 berwazan ? ? ? ? , 2 berpola ? ? ? ? ? , 1 berpola ? ? ? ? ? , 1 berwazan ? ? ? ? ? , 1 berwazan ? ? ? , 3 berpola ? ? ? ? , 1 berpola ? ? ? ? ? , 1 berpola ? ? ?? ? , 2 berpola ? ?? , 1 berpola ? ? ? , 1 berwazan ? ? ? ? ? ? . Metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi tersebut adalah metode deduktif, pasalnya materi ini merupakan materi ilmu nahwu kelas lanjut.} }