relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62924/ title: PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PELUANG creator: Rusydan Latifah, NIM.: 19104040053 subject: Pendidikan Matematika description: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD yang terintegrasi nilai-nilai profil pelajar pancasila dengan pendekatan kontekstual pada materi peluang yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural dengan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian kualitas LKPD, lembar skala respon peserta didik, lembar soal tes, dan lembar angket pengintegrasian nilai-nilai profil pelajar pancasila. Subjek penelitiannya yaitu validator ahli dan peserta didik sebagai subjek uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar. Adapun teknik pemilihan sampel uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar menggunakan purposive sampling yang dikelompokkan berdasarkan kemampuan dari peserta didik yang heterogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid berdasarkan penilaian dari para ahli yang menunjukkan bahwa sebagian besar nilai validitas LKPD ini termasuk dalam kategori validitas sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Praktis berdasarkan hasil respon peserta didik terhadap LKPD yang menunjukkan respon positif dengan 2 (6%) peserta didik setuju terhadap penggunaan LKPD dan 34 (94%) peserta didik sangat setuju terhadap LKPD yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Efektif karena banyaknya peserta didik yang mengikuti tes memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran pada materi peluang yaitu dengan presentase ketuntasan sebesar 94,67% dan 36 (100%) peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan LKPD yang dikembangkan memiliki nilai profil pelajar pancasila yang berada dalam kategori sangat baik. Maka dari itu, LKPD ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada kelas Fase E SMA/Sederajat pada materi peluang dengan kurikulum merdeka. date: 2023-11-03 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62924/1/19104040053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62924/2/19104040053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Rusydan Latifah, NIM.: 19104040053 (2023) PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PELUANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.