@phdthesis{digilib6294, month = {July}, title = {PENGARUH PRODUCT ENDORSER TERHADAP RESPON KOGNITIF KHALAYAK}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM.: 07730011 MUHAMMAD AHLIS}, year = {2011}, note = {Pembimbing : Drs. Abdul Rozak, M.pd.}, keywords = {product endorser, selebriti, non-selebriti, respon kognitif}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6294/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product endorser (celebrity endorser dan non-celebrity endorser) dalam iklan televisi terhadap respon kognitif pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Keseluruhan jumlah mahasiswa aktif (populasi) adalah berjumlah 417 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sample, dan dikarenakan jumlah populasi sudah diketahui maka untuk mengukur jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Dan jumlah sampel adalah 81 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala iklan dengan product endorser dan skala respon kognitif. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji hipotesis dan uji beda (t-test) yang masuk kedalam kelompok uji dua kelompok berhubungan (Paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pemakaian product endorser selebriti dan non-selebriti dalam iklan televisi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ditunjukan dengan hasil uji beda yakni 11.230, menunjukan bahwa pemakaian selebriti sebagai product endorser lebih besar dari pada pemakaian non-selebriti sebagai product endorser. Sedangkan berdasarkan harga signifikan (p), dimana p = 0.000, dimana nilai tersebut (p 0,05), maka dapat diartikan terdapat perbedaan ratarata antara nilai selebriti endorser dengan non-selebriti endorser. 2. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pemakaian product endorser dalam iklan televisi dengan respon kognitif pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.858 dengan p = 0.000 (p 0.05). Hal ini mengindikasikan bahwa pemakaian product endorser dalam iklan televisi kartu XL memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam membentuk respon kognitif. div} }