eprintid: 6294 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/62/94 datestamp: 2023-07-28 03:57:44 lastmod: 2023-07-28 03:59:26 status_changed: 2012-05-04 16:49:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD AHLIS, NIM.: 07730011 title: PENGARUH PRODUCT ENDORSER TERHADAP RESPON KOGNITIF KHALAYAK ispublished: pub subjects: kom_sos divisions: jur_ikom full_text_status: restricted keywords: product endorser, selebriti, non-selebriti, respon kognitif note: Pembimbing : Drs. Abdul Rozak, M.pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product endorser (celebrity endorser dan non-celebrity endorser) dalam iklan televisi terhadap respon kognitif pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Keseluruhan jumlah mahasiswa aktif (populasi) adalah berjumlah 417 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sample, dan dikarenakan jumlah populasi sudah diketahui maka untuk mengukur jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Dan jumlah sampel adalah 81 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala iklan dengan product endorser dan skala respon kognitif. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji hipotesis dan uji beda (t-test) yang masuk kedalam kelompok uji dua kelompok berhubungan (Paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pemakaian product endorser selebriti dan non-selebriti dalam iklan televisi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ditunjukan dengan hasil uji beda yakni 11.230, menunjukan bahwa pemakaian selebriti sebagai product endorser lebih besar dari pada pemakaian non-selebriti sebagai product endorser. Sedangkan berdasarkan harga signifikan (p), dimana p = 0.000, dimana nilai tersebut (p 0,05), maka dapat diartikan terdapat perbedaan ratarata antara nilai selebriti endorser dengan non-selebriti endorser. 2. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pemakaian product endorser dalam iklan televisi dengan respon kognitif pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.858 dengan p = 0.000 (p 0.05). Hal ini mengindikasikan bahwa pemakaian product endorser dalam iklan televisi kartu XL memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam membentuk respon kognitif. div date: 2011-07-26 date_type: published pages: 146 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Ishum/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-07-26 14:46:01 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--muhammadah-6294-1-muhammad-k.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/126/digilib-uinsuka--muhammadah-6294-1-muhammad-k.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6957 ; nama file lama : MUHAMMAD AHLIS - NIM. 07730011 PENGARUH PRODUCT ENDORSER TERHADAP RESPON KOGNITIF KHALAYAK.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3138042 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-07-26 14:46:01 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--muhammadah-6294-1-muhammad-k.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/126/digilib-uinsuka--muhammadah-6294-1-muhammad-k.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6957 ; nama file lama : MUHAMMAD AHLIS - NIM. 07730011 PENGARUH PRODUCT ENDORSER TERHADAP RESPON KOGNITIF KHALAYAK.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3138042 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MUHAMMAD AHLIS, NIM.: 07730011 (2011) PENGARUH PRODUCT ENDORSER TERHADAP RESPON KOGNITIF KHALAYAK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6294/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6294/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf