%0 Thesis %9 Skripsi %A Zulfa Salimah, NIM.: 19104060041 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:62947 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Miskonsepsi, Tes Diagnostik, CRI Termodifikasi, Hidrokarbon %P 193 %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER DENGAN TEKNIK CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI PADA MATERI HIDROKARBON %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62947/ %X Miskonsepsi dalam proses pembelajaran berpotensi mengakibatkan terhambatnya proses belajar peserta didik, khususnya pada materi hidrokarbon yang memerlukan pemahaman konsep dasar yang kuat. Tes diagnostik three-tier dengan Teknik CRI termodifikasi menjadi salah satu alternatif yang digunakan untuk mengidentifikasi adanya miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik three-tier dengan CRI termodifikasi untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi hidrokarbon. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas 5 tahap (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang dibatasi hingga tahap development. Produk divalidasi oleh dua dosen ahli asesmen. Sampel yang digunakan untuk uji coba terbatas sebanyak 30 peserta didik dan 91 peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Sleman untuk field test. Penilaian produk dilakukan oleh peserta didik dengan menggunakan lembar angket skala Likert. Hasil uji reliabilitas pada 15 butir soal yang diujikan diperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,830 dengan kategori sangat baik. Hasil tes memperoleh 33% peserta didik dengan kategori paham konsep, peserta didik dengan kategori paham konsep namun tidak yakin sebesar 2%, peserta didik dengan kategori miskonsepsi sebesar 51%, dan peserta didik dengan kategori tidak paham konsep sebesar 15%. %Z Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc.