eprintid: 6295 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/62/95 datestamp: 2023-07-28 03:56:01 lastmod: 2023-07-28 03:57:05 status_changed: 2012-05-04 16:49:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD ARDI WICAKSONO, NIM.: 06730010 title: EFEKTIFITAS IKLAN BILLBOARD YOGYAKARTA EMERGENCY SERVICE YES 118 ispublished: pub subjects: kom_sos divisions: jur_ikom full_text_status: restricted keywords: iklan Billboard, emergency service Yes 118 note: Pembimbing : Fatma Dian Pratiwi, S.Sos., M.Si. abstract: ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mengidentifikasi secara kuantitatif seberapa besar efektivitas iklan billboard pada masyarakat dengan menggunakan analisis DRM( Direct Rating Method) terhadap iklan layanan masyarakat Yogyakarta Emergecy Services YES 118 di Jalan Kolonel Sugiono pada Masyarakat pengguna jalan Kolonel Sugiono Yogyakarta. Keberhasilan iklan Billboard tersebut dianggap efektif jika mendapat perhatian, pemahaman, kemampuan menggugah perasaan, kemampuan iklan mengubah perilaku, dan mengarahkan tindakan lebih lanjut (attention, read throughness, cognitive, affective, and behavior) adalah amp;#8805; 60%. Pengujian variabel-variabel tersebut menggunakan skala likert terhadap 100 responden dengan teknik random sampling terhadap pemakai jalan di jalan Kolonel Sugiono Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Angket dan observasi adalah alat pengumpul data. Validitas angket menggunakan teknik pearson correlation dan skor total menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian terhadap 100 responden menunjukkan bahwa perhatian, pemahaman, kemampuan menggugah perasaan, kemampuan iklan mengubah perilaku, dan mengarahkan tindakan lebih lanjut (attention, read throughness, cognitive, affective, and behavior) berada di atas rerata ideal 60%, yaitu 66.996 = 67%. Pemodelan efektivitas iklan Billboard tersebut menunjukkan bahwa dimensi Attention: 3.454x20 :5 = 13,816 dimensi Read throughness: 3,45x20 :5 = 13,8dimensi cognitve: 3,115x20 :5 = 12.46 dimensi affective: 3,55x20 :5 = 14,2 dimensi sikap/behavior: 3.18x20 :5 =12.72 sehingga nilai Direct rating: 66.996. Kesimpulan bahwa berdasarkan nilai Direct rating efektivitas adalah iklan billboard YES 118 Yogyakarta sebesar 66,996 yang termasuk dalam kategori iklan baik. div date: 2011-07-26 date_type: published pages: 111 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Ishum/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-07-26 14:55:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--muhammadar-6295-1-muhammad-8.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/126/digilib-uinsuka--muhammadar-6295-1-muhammad-8.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6958 ; nama file lama : MUHAMMAD ARDI WICAKSONO - NIM. 06730010 EFEKTIFITAS IKLAN BILLBOARD YOGYAKARTA EMERGENCY SERVICE YES 118.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1866990 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-07-26 14:55:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--muhammadar-6295-1-muhammad-8.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/126/digilib-uinsuka--muhammadar-6295-1-muhammad-8.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6958 ; nama file lama : MUHAMMAD ARDI WICAKSONO - NIM. 06730010 EFEKTIFITAS IKLAN BILLBOARD YOGYAKARTA EMERGENCY SERVICE YES 118.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1866990 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MUHAMMAD ARDI WICAKSONO, NIM.: 06730010 (2011) EFEKTIFITAS IKLAN BILLBOARD YOGYAKARTA EMERGENCY SERVICE YES 118. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6295/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6295/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf